1255 Petugas Pantarlih Akan Turun Melakukan Pendataan Pemilih

0
132
Ketua KPU Limapuluh Kota, Ismet Aljannata, dalam sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih.

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Sebanyak 1255 orang petugas panitia pemilih (Partarlih) akan turun ke rumah warga untuk melakukan pendataan daftar pemilih guna menghadapi Pemilu serentak yang akan digelar 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata, dalam acara sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih Pemilu 2019 yang berlangsung di aula salah satu hotel di Kota Payakumbuh, Selasa (10/4).

“Untuk seksesnya pemutakhiran data pemilih, Pastarlih akan turun melakukan pendataan dimulai pada tanggal 17 April mendatang. Untuk itu diharapkan dukungan semua pihak, baik camat, walinagari dan tokoh masyarakat untuk mendukung kelancaran pendataan, ” sebut Ismet Aljannata.

Ismet Aljannata menginformasikan, jika ada petugas Pantarlih yang melakukan kecurangan segera melaporkan atau informasikan, karena KPU ingin Pemilu serentak yang akan digelar 2019 mendatang benar-benar Pemilu yang berkualitas.

Sementara itu Direktur Lembaga Kajian Hukum dan Kuropsi- FH UMSB, Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH, yang menjadi nara sumber dalam sosialiasi tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih Pemilu 2019 tersebut, dalam penyampaiannya mengajak masyarakat agar cerdas dalam memilih.

Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH menyebut, kenapa tingkat partisipasi pemilih menurun? Salah satu penyebabnya adalah produksi pemilu baik pemilihan Presiden, Wapres, anggota  DPR/DPD/DPRD/Gubernur/ Bupati dan Walikota tidak menunjukan kinerja dan performance sesuai dengan ekspektasi rakyat.

Disamping itu, ungkap Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH, korupsi merajalela yang dilakukan elit politik produk Pemilu. Tegasnya, 60 persen Kepala Daerah hasil Pemilu tersangkutan korupsi.

“Untuk suksesnya Pemilu 2019, maka pemilih harus berintegritas dan berdaulat. Untuk itu, peranan kader partai politik untuk memberikan pemahaman kapada masyarakat memberikan hak pilihnya harus terus dilakukan,” ujar Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH.

Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH, juga menyatakan, agar Pemilu berintegritas dan berdaulat, yuk pilih orang-orang baik dalam Pemilu 2019 mendatang.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Pemilih KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi, dalam paparannya lebih terfokus dalam tahapan pemutakhiran data pemilih.

“ Pantarlih melakukan pencoklitan dengan cara mendatangi pemilih secara langsung untuk mencocokan Daftar Pemilih. Untuk itu, diminta dukungan semua pihak, termasuk kader partai politik,” pungkas Ilham Yusardi. (est)