Urus SIM di Payakumbuh, Jangan Kaget Jika Anda Hanya diberi Selembar Kertas

Payakumbuh, Dekadepos.com

Bagi anda yang pernah dan akan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Payakumbuh, jangan kaget jika usai pendaftaran, pengisian berkas, ujian serta pengambilan foto dan sidik jari anda hanya akan diberi setengah lembar kertas berwarna kuning oleh Petugas Kepolisian yang bertugas di Polres Payakumbuh Kawasan Labuah Silang. Kertas yang diberikan kepada anda itu merupakan SIM sementara yang diberikan sebagai pengganti SIM anda yang belum selesai dibuat karena tidak adanya (Kosong.red) ketersediaan material/bahan pembuat SIM di Polres Payakumbuh.

Menurut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Lantas, Iptu. Yudi Satria didampingi KBO. Lantas, Ipda. Imam Teguh, Kondisi tersebut telah terjadi sejak beberapa minggu terakhir, dan tidak hanya di Polres Payakumbuh saja. Jadi anda tidak perlu takut saat berkendara, sebab selembar SIM pengganti yang diberikan petugas tersebut sah dan bisa dipergunakan saat petugas kepolisian (Lantas.red) menanyakan Izin mengemudi anda. Penerbitan selembar kertas pengganti SIM tersebut, menuru Iptu. Yudi juga telah sesuai dengan petunjuk Korlantas Mabes Polri.

“ Memang sejak tiga minggu terakhir, masyarakat yang mengurus pembuatan SIM baru atau perpanjang, belum bisa kita berikan SIM seperti waktu-waktu sebelumnya. Sebab Material pembuatan SIM sedang kosong, kita hingga sekarang masih menunggu distribusi dari Korlantas. Namun, dalam waktu dekat, kita juga juga akan menerima sekitar 1000 buah back up bahan pembuat SIM dari Polda Sumbar. “. Sebutnya.

Perwira Polisi Asal Aceh tersebut juga menambahkan, nantinya, jika material/bahan pembuat SIM telah tersedia di Polres Payakumbuh, masyarakat yang telah mengurus pembuatan/perpanjangan SIM dan telah diberi selembar kertas sebagai pengganti SIM, akan dihubungi oleh petugas untuk menjemput SIM jika telah selesai dicetak.

Sementara, Ipda. Imam Teguh juga menyebutkan, masyarakat yang menggunakan SIM pengganti dari Satlantas Polres Payakumbuh, sama diperlakukan dengan masyarakat yang menggunakan SIM pada umumnya. Sehingga masyarakat tidak perlu cemas. “ Meski hanya berupa kertas setengah lembar, namun masyarakat jangan ragu, sebab SIM pengganti tersebut sah dan bisa dipergunakan”. Sebutnya, Selasa siang (8/8).

Ade (32) warga Kelurahan Parit Rantang Kecamatan Kota Payakumbuh yang sebelumnya mengurus SIM,  mengaku bahwa ia semula cukup kaget dan heran dengan selembar kertas yang diberikan petugas kepadaNya usai melakukan pengurusan/pembuatan SIM. Namun setelah mendapat penjelasan, ia memahami bahwa selembar kertas tersebut akan segera diganti jika material SIM telah tersedia di Polres Payakumbuh. “ Semula saya cukup kaget, namun setelah dijelaskan petugas, akhirnya saya paham. Menurut petugas, nanti saya akan dihubungi jika material pembuat SIM telah tersedia”. Ucapnya. (Esha Tegar).

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *