Harga dan Ketersediaan Sembako di Payakumbuh aman dan Masih Wajar

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Meski permintaan (Demand) masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pokok (Sembako) jelang Idul Fitri tahun 2018/1439 H cukup tinggi, namun tidak terjadi lonjakan kenaikan harga yang cukup besar di Kota Payakumbuh. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler Rabu siang 13 Juni 2018.

Menurutnya, meski terdapat sedikit kenaikan harga Sembako namun hal tersebut masih dalam batas yang wajar, sebab dengan tingginya permintaan dari konsumen juga akan akan berdampak pada kenaikan harga. Diantarannya harga ayam dan cabe. Sementara untuk stok kebutuhan (Ketersediaan) masyarakat masih aman dan tidak terkendala. Salah satunya adalah beras, hingga saat ini Pemko Payakumbuh belum mengedarkan beras Bulog ke pasaran.

“ Untuk harga dan ketersediaan sembako hingga saat ini masih aman. Belum terjadi lonjakan harga yang signifikan meski permintaan dari masyarakat meningkat jelang lebaran ini. Sebab memang semangat berbelanja/daya beli masyarakat meningkat tahun ini dibanding tahun lalu.” Sebutnya.

Sementara untuk kenaikan harga sembako belum mencapai seratus persen dan masih sangat wajar, sebagai contoh, jika hari biasanya harga Rp. 26 ribu saat ini menjadi Rp. 27 ribu bahkan ada yang dari harga Rp. 13 ribu hanya naik ke angka Rp. 13.500.

Dahler juga menambahkan, untuk kenaikan daya beli masyarakat diperkirakan dengan adanya THR (Tukin) dari Pemerintah Daerah untuk Pegawai Negeri Sipil/PNS (ASN), selain itu daya beli TNI, Polri juga menjadikan ekomoni atau transaksi jual beli di pasar meningkat.

Z salah seorang Pegawai Negeri Sipil/PNS (ASN) di Payakumbuh mengatakan bahwa untuk tahun ini daya beli memang lebih baik dibanding tahun sebelumnya, sebab adanya Tukin dari Pemerintah Daerah membantu PNS dalam memenuhi kebutuhan jelang lebaran. “ Untuk tahun ini kita PNS terbantu dalam memenuhi kebutuhan anak istri jelang lebaran dengan adanya Tunjangan Kinerja/THR.” Sebutnya. (Edw/Est)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *