Berkah Ramadhan 1439 H

oleh

Mentawai, Dekadepos.com

Tiga puluh delapan orang warga mentawai menjadi Mualaf (pindah agama ke Islam.red) selama Ramadhan tahun 1439 H atau tahun 2018. Hal tersebut merupakan Perjuangan berletih-letih dan bersusah-susah Pengurus Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM)  dalam melaksanakan program mulia pengiriman 150 orang Da’i Pedalaman Mentawai mulai terasa terobati.

Kurang istirahat, banyaknya beban fikiran,  beratnya tanggung jawab dakwah yang sedang dipikul menjadi terasa berkurang saat menerima khabar gembira dari Da’i Pedalaman Mentawai yang dikirim YMPM untuk bertugas selama 45 hari di pedalaman Mentawai.

Hingga sekarang dari data sementara yang telah sampai kepada kami, Alhamdulillah sebanyak 38 orang warga asli Pedalaman Mentawai telah mengucapkan dua kalimat syahadat melalui Da’i Pedalaman YMPM.

Adapun rincian 38 orang Muallaf Mentawai tersebut yakni :

– Dusun Siresurak sebanyak = 18 orang.

– Dusun Tinambou sebanyak = 12 orang.

– Dusun Salappak sebanyak = 4 orang.

– Dusun Tiop sebanyak = 2 orang.

– Dusun Sikabaluan sebanyak = 2 orang

38 orang warga Mentawai yang telah bersyahadat merupakan data sementara, karena hingga sekarang lebih dari separoh Da’i pedalaman Mentawai belum mengkhabarkan kepada kami berkenaan dengan program ataupun kegiatan dakwah yang dilaksanakan oleh Da’i Pedalaman Mentawai di masing-masing dusun atau desa di daerah mereka ditempatkan.

 

“ Dalam perkiraan kami insya Allah berkemungkinan besar jumlah Muallaf Mentawai akan terus bertambah karena waktu yang tersisa dalam Pengiriman Da’i Pedalaman Mentawai masih ada kisaran 10 hari lagi.” Sebut Ketua Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM) Ustad Muhammad Shiddieq Al Minangkabawy beberapa waktu lalu.

Dari 38 orang warga asli Pedalaman Mentawai yang baru saja bersyahadat,  sebanyak  empat orang Muallaf yang berasal dari Dusun Sirisurak langsung disyahadatkan oleh Ustad Muhammad Shiddieq Al Minangkabawy.

Pensyahadatan empat orang Muallaf tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu,  9 Juni 2018 Pukul 21.30 WIB ba’da shalat Taraweh di Masjid Alwahidin Desa Muara Siberut Kec.  Siberut Selatan Kab.  Kepulauan Mentawai – Sumbar. Dalam prosesi pensyahadatan yang dibimbing oleh ketua YMPM Ustadz Muhammad Shiddieq dihadiri oleh Puluhan warga Desa Muara Siberut.

Proses pensyahadatan berlangsung khitmat, nasehat pasca pensyahadatan dan do’a yang dilantunkan menambah khusuk suasana pensyahadatan yang sedang berlangsung. Pasca pensyahadatan nama-nama Muallaf yang sebelumnya bernama Albertinus,  Ajrianus, Martinus dan Maria. Atas usulan dari Wakil Ketua YMPM Ustadz Abu Dzaky diganti menjadi Muhammad Shaleh,  Amar Abdurrahman, Abbas Abdurrahim dan Maryam Azzahra. Para Muallaf sangat gembira mendapatkan nama-nama Islami tersebut.

Keesokan paginya para Muallaf diajarkan mandi wajib,  sebagai bentuk kita menjalankan tuntunan syariat Islam. Dan kepada Muallaf yang laki-laki kami sampaikan bahwa mereka harus melaksanakan khitan atau sunnat Rasul. Pengurus YMPM juga memberikan perlengkapan ibadah kepada para Muallaf, baik berupa Iqra’, Qur’an,  sajadah,  sarung,  mukena dan jilbab.

Program utama yang mesti dilaksanakan kedepannya pasca pensyahadatan Muallaf yakni Pembinanaan terhadap Muallaf secara kontinue atau berkesinambungan.

Masuk Islamnya para Muallaf Mentawai merupakan atas kesadaran diri mereka sendiri,  tidak ada paksaan dari pihak manapun. Apalagi dari pihak Pengurus Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM).

Dalam syiar dakwah Mentawai Pengurus YMPM selalu menjaga dua hal :

– Tidak pernah membujuk-bujuk dan

– Tidak ada memaksa.

Dua hal inilah yang selalu dijaga oleh Pengurus YMPM untuk selalu menjaga toleransi, kebersamaan dan keberagamaan di bumi dakwah Mentawai Darussalam.

Sebagai Pengurus YMPM, Siddieg mengatakan bahwa mereka hanyalah hamba Allah yang hina, punya kekurangan dan keterbatasan sebab kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari khilaf dan dosa. Namun kami punya cita-cita besar untuk menyongsong masa depan kejayaan Islam di bumi Mentawai Darussalam. Kepada kaum Muslimin dan sahabat dakwah YMPM kami mengajak kita semua untuk selalu peduli akan dakwah Mentawai. Harapan kami semoga do’a dan dukungan kaum muslimin untuk syiar Islam,  pembinaan Muallaf,  dan kemajuan Islam di mentawai dapat terwujud.

Bantuan moril maupun materil kaum Muslimin sangat mempengaruhi akan keberlangsungan dakwah Pedalaman Mentawai yang penuh dengan onak, duri,  tantangan dan rintangan. Kaum muslimin dan sahabat dakwah YMPM mohon untuk selalu mendo’akan kami agar selalu ikhlas,  sabar dan istiqamah dalam melanjutkan dakwah Mentawai ini.  Amin Yaa Rabbal ‘Alamin… (Edw).

 

Allahu Akbar… Allahu Akbar…  Allahu Akbar

 

Salam hormat kami :

Pengurus YMPM

 

Ketua YMPM

Muhammad Shiddieq Al Minangkabawy.

 

Donasi Dakwah Pedalaman Mentawai YMPM :

 

Bank Syariah Mandiri

No. Rek. 7083758238

Atas Nama : Yayasan Muslim Peduli Mentawai

 

BNI Syari’ah

No. Rek. 0397762727

Atas Nama : Yayasan Muslim Peduli Mentawai

 

Contact Person :

– M. Shiddieq Al Minangkabawy 0853 6429 6465

– Abu Dzaky 0823 8441 1176

– H. Umar Al Faruq 0823 8360 0611

– Hamzah Abu Maryam 0823 8632 1556

– Zaid Al Muhajir 0852 6300 0379

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *