Pedagang Mulai Tempati Toko dan Los Pasar Padang Kaduduak

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Puluhan pedagang dari berbagai tempat di Payakumbuh mulai menempati Toko dan Los yang ada di Pasar Padang Kaduduak Kecamatan Payakumbuh Timur. Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler mengatakan pihaknya bakal melakukan pengalihkan hak pakai puluhan toko dan Los di Pasar yang dibangun dengan dana Milyara Rupiah itu jika pedagang yang telah didata tak kunjung menghuni/berjualan di Lokasi Pasar itu.

Hal tersebut diungkapkan Dahler karena pasca syukuran Pasar Padang Kaduduak oleh Walikota Payakumbuh, para pedagang tak kunjung menempati lokasi toko dan los yang dibangun. Padahala sejumlah sarana telah dibangun dilokasi itu. Tak itu saja, untuk mendukung pengoperasian pasar agar maksimal, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan juga telah mengalihkan rute angkutan dari arah Napar agar masuk ke Kawasan Pasar Padang Kaduduak.

“ Memang kita akan lakukan pengalihan hak pakai terhadap toko dan los yang ada di Pasar Padang Kaduduak jika mereka (pedagang.red) tak jua berjualan disana. Kita tidak meminta pedagang untuk pindah dari Pasar Ibuah ke Pasar Padang Kaduduak, tapi mereka bisa membuka sebagian dagangan dilokasi baru tersebut. Sementara untuk pedagang yang baru berjualan, kita himbau untuk segera menghuni/berjualan di lokasi pasar Padang Kaduduak.”. sebtu Dahler beberapa waktu lalu di Kantornya di Kawasan Koto Nan IV.

Sementara dari pantauan di Pasar Padang Kaduduak Kamis sore 17 Mei 2018, belasan pedagang terlihat melayani sejumlah pembeli yang datang ke tempatnya, Baik di toko maupun di los. Selain menjual kebutuhan harian berupa sayur mayur, sembako juga terlihat pedagang buah-buahan, kosmetik dan pedagang makanan ringan.

Santi (40) salah seorang pedagan cabe dan rempah-rempah mengatakan ia telah berjualan dilokasi tersebut sejak beberapa hari terakhir. Dan untuk bisa menempati/berjualan dilokasi tersebut memang gratis/tidak dipungut bayaran. “ Saya sudah berjualan disini sejak beberapa hari lalu. Alhamdulillah saya berjualan dari pagi hingga sore.”. sebutnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Rina, pedagang makanan ringan. Menurutnya transaksi jual beli memang belum terlalu ramai di Pasar tersebut,namun ia tetap buka. “ Memang belum terlalu ramai, mungkin kedepan akan ramai.”. sebutnya.

Pasar Padang Kaduduak tersebut terlihat semakin dengan keberadaan Pasar Pabukoan yang berada tepat di depan pintu gerbang masuk pasar. (Est)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *