29 Orang Bacaleg di Kab. 50 Kota Tidak Memenuhi Syarat

oleh
Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Amfreizer.

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Dua puluh sembilan orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memenuhi Syarat (TMS) usai dilakukan Verifikasi dan Klarifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sejak tanggal 1 sampai 7 Agustus 2018. Dari dua puluh sembilan orang itu, 18 Bacaleg berasal dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 3 orang Bacaleg Partai Garuda, 3 orang Bacaleg Partai Berkarya, 2 orang Bacaleg Partai Perindo, 3 Orang Bacaleg Partai Persatuan Pembangunan(PPP) dan selebihnya 453 orang Bacaleg memenuhi syarat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon melalui Komisioner KPU Amfreizer, Kamis sore 9 Agustus 2018. Menurut Komisioner KPU Divisi Teknis dan Hukum itu ada caleg yang tidak memenuhi syarat sehingga mengakibatkan satu Daerah Pemilihan (Dapil) terancam dicoret dari lima Dapil yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Dari Partai PPP Bacalegnya tidak bisa ikut di Dapil II dimana 1 orang calegnya dicoret (TMS) yakni perempuan, kemudian 3 Dapil di Partai PSI yakni Dapil II, III, dan Dapil IV. Sementara Partai Garuda yang tidak menyerahkan berkas perbaikan dari ke 3 Bacalegnya mengakibatkna mereka tidak bisa ikut di semua Dapil.

Karena adanya caleg perempuan dari Partai PPP yang tidak Memenuhi Syarat (MS) maka berakibat terancam dicoret satu dapil yakni dapil II. Sebelumnya KPU Kabupaten Lima Puluh Kota juga telah mengikuti Rapat Koordinasi Bersama Divisi Teknis se-Sumbar di dan hingga kini KPU Lima Puluh Kota masih menunggu informasi dari KPU RI terkait adanya dispensasi.

“Jika sampai Jumat esok tidak ada surat edaran atau perintah dari KPU RI untuk tidak mencabut 1 Dapil maka KPU Kabupaten Lima Puluh Kota tetap akan menggugurkan 1 dapil yang keterwakilan perempuannya tidak memenuhi 30%. Dan sekiranya surat edaran nya datang, maka KPU Lima Puluh Kota tidak akan mencabut 1 dapil tersebut dan maka selamatlah 4 atau 3 caleg yang terdapat di Dapil tersebut. (Aldo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *