28 Toko Di Kota Wisata Hangus, Kerugian Capai 5 Milyar

0
14

Bukittinggi, Dekadepos.com

Pasar Aua Tajungkang (Surau Gonjong-red) terbakar pada Jumat (12/5) sekitar pukul 03.30 wib dinihari. Kebakaran hebat menjelang subuh itu sedikit nya menghanguskan 28 petak toko, dengan kerugian mencapai Rp.5 miliar lebih .Dari mana asal api penyebab kebakaran itu,Walikota H.Ramlan Nurmatias dan Ketua DPRD Beny Yusrial sama sama meminta kepada pihak kepolisian untuk menyelidikinya. Keterangan yang diperoleh wartawan, Kebakaran Pasar Aua Tajungkang itu diketahui masarakat sekitar pukul 03.30 wib dinihari Jumat kemaren,masarakat ada yang melihat asap megepul dari dalam pasar dan kemudian terus membara membakar Pasar yang dibangun pada tahun 1980 dan bersebelahan jalan dengan Pasar Bawah tersebut. Melihat, pasar Aua Tajungkang terbakar,masarakat sekitar langsun minta tolong dan beramai ramai ke lokasi kebakaan untukmemberikan pertolongan menjelang barisan Pemadan kebakaranDinas kebakaran kota Bukittinggi da tang.Setelah pihak Kepolisian datang dan juga Pemadam Kebakaran,terlihat semuanya saling membantu untuk memadamkan api yang terus membesar, ka rena pagi itu angin sedikit berembus kencang. Akhirnya dengan dibantu beberapa unit pemadam kebakaran dari pa dang Panjang,Agam,Tanah datar,Payakumbuh dan daerah lain,api dapat dijinak an menjelang pukul 6.00 wib pagi.Dan pihak Kepolisian langsung mengadakan indentifikasi lapangan sekaligus menyelidiki kebakaran yang terjadi tersebut.

Jumat pagi kemaren,menjelang walikota Ramlan Nurmatias menyambut menteri ESDM Ignasius Jonan,terlebih dahulu beliau meninjau lokasi kebakaran bersama beberapa SKPD nya dan langsung memberikan arahan kepada SKPD tekait dalam pengamanan dan mencarikan solusi untuk para pedagang korban kebakaran Pasar Aua Tajungkang. Setelah Jumat selepas melepas pak menteri ESDM,Walikota kembali me ninjau lokasi Kebakaran.pada peninjauan itu Walikota menegaskan kepada pi hak terkait untuk secepatnya membantu membersihkan lokasi kebakaran dari puing puing kebakaran.Setelah itu diminta juga dapat membantu merehab kembali tempat para pedagag itu berjualan. “Saya sangat sedih dan dan sangat prihatin dengan musibah kebakaran pasar Aua Tajungkang ini,karena terjadi disaat para pedagang menunggu masuknya bulan puasa dan Lebaran.namun yang namanya musibah tidak dapat kita prediksi,untuk itu kita serahkan semuanya kepada sang pencipta,Dan Pe merintah kota Bukittinggi akan memperhatikan nasib para korban kebekaran ini,tentu sesuai dengan kondisi dan regulasi yang ada. Dan yang pasti pemerintah tidak ada yang ingin menyengsarakan rakyatnya””,ujar walikota Ramlan Nurmatias dihadapan para pedagang Pasar Aua Tajungkan.

 

Kepada para Korban kebakaran pasar Aua Tajungkan ini, Walikota berharap untuk untuk dapat sabar.dan Pemko melalui SKPD terkaitnya akan mem bantu korban Kebakaran pasar Aua Tajungkang mencarikan solusi secepatnya agar dapar kembali berjualan.Ujar Walikota.

Kepada BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup ,Walikota Ramlan Nurmatias memberi waktu 3 hari untuk dapat membersihkan puing puing kebakaran ini . dan kepada Dinas  Koperasi,Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan serta Di nas terkait dengan rehab puing yang terbakar diharakan dapat merenovasi toko toko yang terbakar itu secepatnya.Paling tidak saya harapkan dapat selesai 15 hari kedepan,sehingga para korban kebakaran dapat kembali berjualan dibulan puasa,ungkap Ramlan Nurmatias. Kemudian,Walikota juga meminta kepada pihak Kepolisian untuk menye lidiki kebakaran pasar Aua Tajungkang ini.Sebab kita ingin mengetahui secara pasti penyebab kebakaran yang terjadi guna mengambil langkah langkah pen cegahan kedepannya.tambahnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial,Bersama wakil ketua H.Trismon,Ketua Komisi III Rusdi Nurman dan Dedi Moeis juga meninjau lokasi kebakaran Pasar Aua Tajungkang.Para anggota Dewan itu juga merasa prihatin melihat nasib para pedagang korban kebakaran tersebut,karena terjadi menjelang bulan puasa dan disaat para pedagang mengisi barang dagangan untuk persiapan  puasa dan lebaran.kata Beny Yusrial. Untuk itu,baik Beny Yusrial, maupun H.Trismon dan Rusdi Nurman me minta kepada pemko Bukittinggi untuk secepatnya membangun lokasi semen tara para pedagang korban kebakaran ini.Sekaligus merencanakan renovasi yang terbakar.Sehingga masarakat pedagang korban kebakaran ini bisa kemba li berjualan pada Puasa dan lebaran.ujar Beny Yusrial

Kemudian,Beny Yusrial juga meminta kepada SOPD terkait untuk dapat melakukan cek ulang semua instalasi listrik yang ada di Pasar,tidak saja pasar Aua Tajungkang,tetapi untuk semua pasar,karena pasar yang ada di kota Bukit tinggi sudah berumur tua,tentu Instalasi listriknya juga sudah tua,tambah Beny Yusrial.

Kepala Dinas  Koperasi,Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan kota Bukittinggi Muhammad Idris seusai mendampingi Walikota dan Ketua DPRD kepada Dekadepos menyebutkan,Pasar Aua tajungkang yang terbakar ini merupakan yang ketiga kali semenjak dibangun tahun 1980 yang lalu.Perta ma tahun 1998,terus tahun 2008 dan sekarang yang ketiga kalinya.dari ketiga kebakaran itu tetap pada blok yang terbakar sekarang ini. Untuk kebakaran kali ini,petak toko yang terbakar sebanyak 28 petak toko .dan pada umumnya isi toko itu penuh dengan berbaai barang dagangannya , karna pemiik toko  baru saja membeli barang dagangannya untuk persiapan Puasa dan lebaran.Dan kerugian dari kebakaran ini ditaksif mencapik Rp.5 Mi liar lebih. Untuk sementara waktu,kita harapkan para pedagang korban kebakaran ini bersabar menjelang selesainya dibersihkan puing puing kebakaran terse but .dan setelah itu kita akan renovasi toko yang terbakar itu sesuai dengan arahan Walikota dan ketua DPRD,tentunya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia,kata Muhammad Idris. ( Edis/Aldo ).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here