4 Tahun Kepemimpin Riza Falepi

0
63

Merajut Mimpi di Episode Kedua

Payakumbuh,Dekadepos—  Meski hanya empat setengah tahun menjabat Walikota Payakumbuh, ternyata kepemimpinan Riza Falepi dinilai berhasil membangun Kota Payakumbuh. Tak percaya, lihat saja kondisi Kota Payakumbuh yang semakin maju dan tacelak.

Ketika bersilaturahmi dengan wartawan di Balai Wartawan Luak Limopuluah, Rabu lalu (5/10) Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Kepala Bapedda, Rida Ananda, Kepala Dinas Kesehatan, Elza Daswarman, Asisten III, Iqbal Bermawi, Kabag Humas, Jhon Kenedi, bicara tentang pembangunan Kota Payakumbuh pada periode pertama masa kepemimpinannya sebagai Walikota.

“ Meski saya tidak genap lima tahun menjabat Walikota, namun banyak prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai Kota Payakumbuh,” sebut Riza Falepi.

Sebagai contoh, dia menyebut tentang pendapatan inkam perkapita masyarakat saat ini mencapai 1000 Us dollar pertahun atau Rp 13 juta pertahun perorang.

“Kenaikan angka perkapita yang sangat signifikan itu menggalahkan peningkatan inkam perkapita Propinsi Sumatera Barat,” ulas putra

kebanggaan rang Koto Nan Gadang yang digadang-gadang akan mulus merebut kursi Walikota Payakumbuh untuk periode kedua kalinya ini.

Diakui Riza Falepi, priode pertama masa kepemimpinannya sebagai Walikota, program pembangunan baru berjalan pada tahap peletakan pondasi pembangunan. “ Setidaknya, ada tiga bidang pembangunan yang menjadi prioritas. Pertama, bidang pendidikan. Kedua, bidang kesehatan dan ketiga pembangunan infrastruktur fisik. Alhamdulllilah, ketiga bidang pembangunan yang menjadi prioritas itu telah berhasil dilaksanakan, “ujar Riza Falepi.

Diakui Riza Falepi, untuk meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat,  saat ini kebijakan Pemko Payakumbuh tengah membangun daerah pertumbuhan ekonomi baru di Kelurahan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara, dengan membangun pasar tradisional dan mesjid Raya.  “ Jika pembangunan pasar tradisional Padang Kaduduak itu rampung, maka akan berdampak kepada ekonomi masyarakat Kota Payakumbuh,” sebut Riza Falepi.

Menurut Riza Falepi, sarana pembangunan infrastruktur fisik akan terus dipacu, seperti pembangunan normalisisai Batang Agam yang sedang giat dibangun harus terus dilanjutkan.

“ Pembangunan normalisasi Batang Agam tersebut adalah momentum bangkitnya pembangunan Kota Payakumbuh. Jika pembangunan normalisasi Batang Agam itu rampung, maka dampaknya akan tumbuh wilayah pemukiman baru, karena akses jalan sudah terbuka disepanjang aliran Batang Agam. Untuk mewujudkan impian itu, dibutuhkan dana sebesar Rp 1 Triliyun lagi, “ sebut Riza Falepi.

Tak hanya itu, Riza Falepi, juga menyinggung pembangunan rumah sakit dr. Adnan WD Payakumbuh yang sedang terbengkalai, termasuk pembangunan 4 buah embung di wilayah selatan Kota Payakumbuh, pembangunan kawasan pasar, pembangunan sarana pendidikan seperti SMA 5 dan SMK 4 Parambahan.

“ Seluruh pembangunan fisik yang terbengkalai itu, harus dilanjutkan dan dituntaskan. Atas dasar itu, saya bersedia kembali mencalonkan diri sebagai Walikota. Kita Rajut mimpi di episode ke dua, ” aku Riza Falepi.

“ Jujur, awalnya saya enggan mencalonkan diri kembali sebagai Walikota. Soalnya, jabatan sebagai Walikota itu amat berat. Namun karena didorong oleh banyak pihak, termasuk partai politik pendukung dan masyarakat Kota Payakumbuh yang sangat berharap agar bengkalai-bengkalai pembangunan infrastruktur fisik harus dilanjutkan, akhirnya saya putuskan untuk maju lagi sebagai calon Walikota,”  ujar Riza Falepi.

Riza Falepi juga menyatakan, jika terpilih kembali menjadi Walikota untuk periode kalinya, dia bertekad akan terus membangun Kota Payakumbuh agar menjadi kota yang maju, sejahtera dan relegius, pro rakyat, berbasis ilmu pengetahuan dan pendidikan yang berlandaskan pada Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

“ Sebagai putra daerah, saya sangat mengimpikan Kota Payakumbuh tumbuh dan berkembang menjadi daerah ekonomi baru berbasis kerakyatan di Sumatera Barat, “ ujar Riza Falepi.

Disamping itu, ungkap Riza Falepi, dia akan terus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, profesional dan bebas KKN, mewujudkan masyarakat yang berahklak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama ditengah masyarakat sesuai dengan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Kemudian mewujudkan pendidikan yang merata, berkualitas dan berkarakter untuk mewujudkan sumber daya manusia Kota Payakumbuh yang berilmu dan bermoral. Disamping itu juga bertekad untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat. Melakukan revitalitasi nagari dan memberdayakan kelembagaan masyarakat adat lokal dalam membangun masyarakat dan kota Payakumbuh. Mengoptimalkan pembangunan insfrastruktur publik dan fasilitas umum sesuai RTRW kota Payakumbuh,” urai Riza Falepi.

Akhir dialog dengan para insan pers itu, Riza Falepi juga mengakui bahwa, selama  4,5 tahun masa kepemimpinannya sebagai Walikota Payakumbuh, sudah puluhan prestasi yang telah berhasil diraih Kota Payakumbuh.

Dia menyebut, misalnya, WTN, Adipura, WTP dan baru-baru ini tiga gelar bergengsi tingkat  nasional yaitu tanda jasa/bhakti Koperasi dan UKM, Piala Adipura dan Lomba PKK KB-Kes, WTN, WTP. Tak hanya itu, Kota Payakumbuh juga mencatat sebagai daerah yang berhasil dibidang pendidikan dan bidang kesehatan.

“ Prestasi-prestasi itu akan terus kita tingkatkan. Kita ingin Kota Payakumbuh sebagai kota yang maju memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” pungkas Riza Falepi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here