Tega, Mantan Napi Curi Motor Sesama Mantan Napi

0
19

Payakumbuh,Dekadepos—Dua orang pria berinisial ZY (34) beralamat di Jorong Kampung Cubadak Kenagarian Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar dan PH (40) yang mengaku tinggal di Perum Primkopad Kecamatan Tampan Pekanbaru-Riau (keduanya mantan Napi. red) terancam bakal kembali harus mendekam dibalik jeruji besi. Hal tersebut karena ulah mereka yang tak jera setelah masuk bui pada tahun 2004 lalu.

Mereka ditangkap Tim Buser Satreskrim Polres Payakumbuh setelah korban IS (32) warga Koto Nan IV Kecamatan Payakumbuh melaporkan kehilangan sepeda motor jenis Revo. Sebelum kejadian pada Minggu (16/10) sekitar pukul 20.00 Wib, semula kedua tersangka hanya bermaksud hendak numpang makan dan minum dirumah korban, sebelum mereka bertolak ke Pekan Baru. Dirumah, keduanya disambut dan dihidangkan makan dan minum oleh korban. Ia tidak tidak menaruh curiga, sebab kedua tersangka telah dikenal oleh korban saat mereka sama-sama menjalani hukuman di LP Kelas II B Payakumbuh. Usai menjamu tamunya, korban melanjutkan pekerjaan merehab salah satu kamar. Sementara salah seorang tersangka izin pergi terlebih dahulu. Sedangkan satu tersangka masih tetap berada didalam rumah.

Rupanya hal tersebut hanyalah akal bulus keduanya untuk melancarkan aksi pencurian sepeda motor milik korban. Aksi pencurian dilakukan oleh tersangka ZY menggunakan kunci T yang sebelumnya diberikan oleh PH. Berhasil mencuri motor jenis Revo warna hitam itu, tersangka ZY meluncur ke arah Pekanbaru. Saat berada di daerah Rantau Barangin Kabupaten Kampar, tersangka ZY menghubungi PH yang meminta agar ia segere menyusul menggunakan bus umum, sebab motor hasil curian telah berhasil ia bawa.

Namun sayang, belum sempat menyusul sang teman, tersangka PH terlebih dahulu dicokok Polisi, termasuk ZY yang juga akhirnya diringkus bersama motor hasil curiannya. “ Kita membekuk dua orang mantan Napi yang diduga melakukan pencurian sepeda motor milik temannya. Kedua tersangka dibekuk didua tempat berbeda”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Reskrim, Iptu. Wawan Dermawan didampingi Kanit Resum, Ipda. Syafri baru-baru ini di Mapolres Kawasan Labuah Basilang.

Kasat Reskrim yang memimpin langsung penangkapan kedua tersangka itu, menyebutkan bahwa menurut keterangan tersangka. Awalnya mereka (tersangka ZY dan PH. Red) yang baru beberapa hari dari Pekanbaru hendak menuju kerumah orang tua salah seorang tersangka di daerah Lintau Kabupaten Tanah Datar. Setelah itu, keduanya berencana kembali ke Pekanbaru menggunakan Bus Umum, namun saat berada di Payakumbuh, mereka mengaku lapar. Hingga akhirnya mereka berencana pergi makan kerumah korban IS, yang mereka kenal saat sama-sama menjalani hukuman.

Diduga saat melihat sepeda motor korban itulah, niat jahat kedua tersangka muncul. Hingga mereka nekad mencuri motor milik teman sendiri. “ Korban dan tersangka sebelumnya memang saling mengenal, saat mereka sama-sama menjalani hukuman. Hingga kini, kedua tersangka dan barang bukti masih kita amankan di Mapolres”. Tambah Iptu. Wawan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here