5 Orang Korban Tertimbun Longsor di Kelok Patai Sudah Ditemukan

0
35

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Satuan Brimod dari Padang Panjang dan anggota Kodim 0306-50 Kota, dibantu anggota Tagana dan BPBD Limapuluh Kota serta komuditas mobil off Road, yang terus melakukan upaya pencarian terhadap korban longsor di Kelok 17 atau kelok Patai, Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Kotobaru, Kabupaten Limapuluh Kota, sepanjang Sabtu pagi dan siang (4/3) berhasil menemukan 4 jasad korban lagi yang tertimbun longsor di jurang sedalam 50 meter.

Hasil pantauan di lapangan, Sabtu pagi puluhan anggota penyelamat dari berbagai unsur itu, awalnya berhasil menemukan dua jenazah bernama Teja ( 19) dan Yogi Saputra (23) keduanya warga Tigo Jangko, Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

33

Setelah berhasil menemukan dua korban, tim penyelamat melakukan evakuasi dan memasukan jasad korban ke dalam kantong jenazah untuk kemudian dibawa dengan ambulan ke RSUD dr.Adnan WD Payakumbuh untuk diotopsi.

Keluarga korban ketika diwawancarai di kamar mayat RSUD dr.Adnan WD Payakumbuh yang enggan namanya ditulis mengatakan bahwa, korban Teja dan Yogi hendak pergi ke daerah Pinggir, Duri untuk berjualan telur dan beras.

Namun ketika sampai di kelok 17 atau kelok patai, dua mobil L 300 yang dikendarai Teja terkurung macet akibat ada tanah longsor. Tak ada jalan lain, kedua pedagang telur dan beras yang masih satu keluarga itu terpaksa bertahan di lokasi, hingga akhirnya mobil yang dikendarainya hanyut terseret material lumpur kedalam jurang sedalam 50 meter.

SAM_6592

“Peristiwa itu terjadi Jum’at pagi (3/3) sekira pukul 09.00 WIB “ ungkap keluarga korban.

Setelah berhasil menemukan jasad Teja dan Yogi, menjelang sore tim evakuasi kembali berhasil menemukan jasad Muhlias alias Ujang (45) warga Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Tak berselang lama, tim evakuasi kembali berhasil menemukan korban Karuddin (25) warga Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Korban diduga pedagang kelapa itu ditemukan tertimbun dalam lumpur dekat mobil L 3000.

Sehari sebelumnya, Jum’at (3/3) tim evakuasi juga telah berhasil menemukan jasad Doni Fernandes (31) warga Padang Pariaman.

Dengan ditemukannya jasad Teja, Yogi, Muhlis alias Ujang dan Karuddin, berarti sudah 5 orang korban berhasil ditemukan di lokasi tanah longsor di jalan negara Sumbar-Riau itu.

Menurut informasi yang diperoleh dari tim evakuasi di TKP, diduga masih ada korban lain yang tertimbun  dilokasi tersebut. Pasalnya, di dalam jurang kelok 17 se dalam 50 meter itu diduga masih ada 8 kendaraan yang terseret dan tertimbun longsor, ditambah dilokasi itu sudah ada aroma busuk menyegat diduga mayat yang tertimbun longsor.

Seorang anggota tim evakuasi dari Bromod Padang Panjang, mengaku kesukitan melakukan evakuasi karena kurangnya peralat. “ Kita harap besok aka nada bantuan alat, sehingga upaya evakuasi bisa berjalan maksimal,” ujar anggpta Brimod itu berkomentar. (esa tegar)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here