517 Pegawai Limapuluh Kota Naik Pangkat, 174 Masuki Batas Usia Pensiun

0
75

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Selain diganjar penghargaan atas perencanaan, kinerja dan kebijakan daerah, momen Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke 176 tahun ini juga mendatangkan anugerah bagi para pegawai di jajaran Pemkab Limapuluh Kota. Tercatat sebanyak 517 orang pejabat dan pegawai (PNS) mengalami kenaikan pangkat periode 1 April 2017 ini. Kabar baik tersebut diumumkan oleh Plt Kepala BKPSDM, Aneta Budi Putra di hadapan Bupati Irfendi Arbi dan Wabup Ferizal Ridwan serta puluhan pejabat dalam pelaksanaan apel gabungan bersama pejabat-aparatur Pemkab di halaman kantor Bupati, kawasan Bukiklimau, Sarilamak, Harau, Senin (17/4) pagi.

“Berdasarkan PP Nomor 96 Tahun 2000, PP Nomor 9 Tahun 2003, PP Nomor 12 Tahun 2012, PP Nomor 33 Tahun 2015, serta SK BKN Nomor 12 Tahun 2002 dan Peraturan Kepala BKN Nomor 32 Tahun 2015, untuk kenaikan pangkat  periode April 2017 di Kabupaten Limapuluh Kota yang diusulkan ada sebanyak 517 orang,” sebut Aneta Budi, dalam laporannya.

Budi menambahkan, dari 517 orang PNS yang mengalami kenaikan pangkat, diantaranya terdiri dari 43 orang PNS golongan IV, 413 orang golongan III, 53 orang golongan II serta 8 orang golongan I. Dari total pengusulan tersebut, katanya, sebanyak 450 orang sudah memperoleh persetujuan dan sebanyak 67 orang sedang dalam proses pemeriksaan badan kepegawaian nasional (BKN).

Aneta menyebut, dalam pengusulan kenaikan pangkat periode I April 2017 ini, terdapat beberapa permasalahan, sehingga mengakibatkan keterlambatan memperoleh persetujuan dari BKN. Beberapa permasalahan itu, katanya, antara lain permasalahan pada SKP, Permasalahan pada PAK, serta proses administrasi dalam jabatan fungsional tertentu seperti pembebasan sementara dan pengangkatan kembali.

Selain mendapat usulan kenaikan pangkat, lanjut Aneta Budi, sebanyak 174 orang pejabat dan pegawai Limapuluh Kota tercatat mencapai batas usia pensiun pada tahun 2017 ini. Dari jumlah tersebut, sampai April tahun sebanyak 63 orang telah memperoleh SK pensiun. Adapun terhitung pada bulan Mei-Juni 2017, sebanyak 32 orang mencapai batas usia pensiun. “Saat ini, SK pensiun bagi PNS dimaksud sudah diterbitkan,” tukuknya.

Ia menambahkan, total data pensiun yang tersisa hingga Juli 2017 tercatat sebanyak 111 orang. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya menyebut, kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian pegawai negeri sipil terhadap negara. Kenaikan pangkat juga dimaksudkan sebagai dorongan kepada PNS untuk lebih meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian. “Kepada Pegawai kami yang telah dinaikkan pangkatnya diharapkan lebih bersemangat dan bekerja maksimal melayani masyarakat, sehingga dapat terbentuk pelayanan prima. Saya ingin mengajak, bapak-ibuk semua, agar merubah minsed berfikir, bahwa kita bukanlah Bos, tetapi pelayan bagi masyarakat. Untuk itu, marilah kita bekerja secara profesional dan proporsional,” sebut Irfendi.

Adapun terhadap proses pensiunan PNS, menurutnya, merupakan suatu jaminan untuk menjalani kehidupan hari tua, sekaligus sebagai tanda balas jasa atas pengabdian yang sudah diberikan kepada rakyat dan negara. Banyak hal yang dapat dilakukan serta dinikmati pada masa pensiun, yang mana dampak atau manfaatnya tidak kalah penting dibandingkan menjalani masa pengabdian sebagai pegawai negeri.

“Waktu pensiun adalah waktu yang sebetulnya ditunggu-tunggu oleh PNS, karena kita bisa lepas dari rutinitas menjalankan tugas dan tanggungjawab  sehari-hari. Pada masa pensiun, akan lebih banyak waktu dengan keluarga serta waktu untuk mengabdi kepada masyarakat. Pergunakanlah sebaik-baiknya, terutama untuk hal-hal yang positif,” sebut Irfendi Arbi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here