9 Negara Ramaikan Minangkabau Silek Retreat 2017

0
268
Salah Satu Pertunjukkan dalam Perhelatan Alek Minangkabau Silek Retreat 2017di Kota Padang Panjang.

Padang Panjang, Dekadepos.com

Pemeritnah Kota Padang Panjang menggelar Alek Minangkabau Silek Retreat Kota Padang Panjang Tahun 2017 di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Indra Gusnady, Kamis (24/8). Dalam sambutannya, Indra menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Padang Panjang saat ini sedang gencar malakukan promosi wisata Kota Padang Panjang. ” Pemerintah Kota Padang Panjang saat ini sedang sedang gencar – gencarnya mengembangkan sektor Pariwisata. Beberapa hal yang dilakukan antara lain pembenahan Objek, membangun citra positif, promosi dan pemasaran pariwisata. Alek Minangkabau Silek Retreat adalah salah satu upaya mempromosikan pawisata Kota Padang Panjang ” ujarnya.

Indra menambahkan banyak agenda yang akan tercapai pada pada kegiatan ini, antara lain mengangkat ciri khas budaya Minangkabau, dalam hal ini silat tentunya dan salah satu kampanyenya adalah bangga  bagalembong dan kegiatan ini akan mencatat sejarah bahwa dikota Padang Panjang telah mengangkat khasanah budaya Minangkabau dalam hal ini Silat melalui event pariwisata. Indra juga berharap agar event ini dijadikan event tahunan di Kota Padang Panjang. ” Kami berharap Alek Minangkabau Silek Retreat dapat berjalan sukses sehingga dapat dijadikan event tahunan mengangkat silek sebagai salah satu event yang dapat mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri ” harapnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang mengatakan kegiatan Minangkabau Silek Retreat bertujuan untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan silat Tradisional Minangkabau di dunia sebagai warisan budaya bangsa. Tak tanggung tanggung, Perhelatan Alek Minangkabau Silek Retreat 2017 ini diramaikan oleh Pegiat Silek dari luar negeri. ” Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Untuk peserta dari luar negeri berasal dari Malaysia, Singapura, Inggris, Jerman, Spanyol, Irlandia, Ceko dan Amerika. Jadi ada 9 (sembilan) negara termasuk Indonesia yang meramaikan Alek Minangkabau Silek Retreat 2017 ” terang Dalius.

Azman Daud, salah seorang pegiat silek yang turut hadir di Alek Minangkabau Silek Retreat 2017 mengapresiasi baik kegiatan ini. Ia mengungkapkan bahwa di Malaysia budaya silek ini telah terkenal. ” Di Negara kami Malaysia budaya silek ini juga sudah digiatkan dan sudah menjadi viral di masyarakat. Pertunjukan silat juga sering digelar, bahkan di hajatan perkawinan dan kita juga sering mengundang persatuan silat dari minangkabau ini ke malaysia untuk berpartisipasi di acara kita ” ungkapnya. (EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here