AIPDA ERISMON: Bhabinkamtibmas yang tak Pernah Lelah

0
507
Bhabinkamtibmas Polsek Payakumbuh Aipda Erismon

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Sepertinya, tidak mudah diberi amanah sebagai Bhabinkantibmas. Pasalnya, seorang Bhabinkamtibmas selain dituntut disiplin dia juga harus peka terhadap lingkungan dan mau bekerja keras tanpa mengenal lelah demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Setidaknya, amanah itulah yang tengah dilakoni Aipda Erismon, ketika dia diberi amanah oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto, untuk menjabat sebagai Bhabinkantibmas di Polsek Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Bhabinkamtibmas Aipda Erison ketika melakukan pengawasan di pasar tradisional

“ Sebagai Bhabinkamtibmas, saya membawahi dua wilayah nagari binaan yakni, Kenagarian Taeh Baruah dan Kenagarian Taeh Bukik, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota,” sebut Aipda Erismon, ketika diwawancarai disela-sela kegiatan pengawasan rutin yang dilakukannya.

Diakui Aipda Erismon, setiap hari Jum’at, Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan Walinagari dan perangkat nagari serta seluruh Linmas Nagari, melakukan patroli nagari.

“ Sasaran kegiatan yaitu lokasi-lokasi yang memungkinkan terjadinya kerawanan tindak pidana atau kegiatan yang melanggar aturan nagari. Kegiatan patroli ini dilakukan dengan menelusuri setiap jalan kecil yang ada di Nagari Taeh Baruah dan juga dilanjutkan sampai ke  Nagari Taeh Bukit,” sebut Aipda Erismon.

Bhabinkamtibmas Aipda Erismon ketika melakukan pengawasan terhadap remaja yang nongkrong di tempat gelap

Diakui Aipda Erismon, patroli nagari ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan. Karena sesuai dengan tupoksi Bhabinkamtibmas tugas pokoknya adalah, membina masyarakat agar tercipta kondisi yang menguntungkan bagi pelaksanaan tugas Polri di desa atau kelurahan. Kemudian, melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatakan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Melakukan upaya kegiatan kerjasama yang baik dan harmonis dengan aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan para sesepuh yang ada di desa atau kelurahan.

Melakukan pendekatan dan membangun kepercayaan terhadap masyarakat, melakukan upaya pencegahan tumbuhnya penyakit masyarakat dan membantu penanganan rehabilitasi yang terganggu. Melakukan upaya peningkatan daya tangkal dan daya cegah warga masyarakat terhadap timbulnya gangguan kamtibmas. Membimbing masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam rangka pembinaan kamtibmas secara swakarsa di desa/kelurahan.

Bhabinkamtibmas Aipda Erismon ketika melakukan patroli dan pengawasan di pusat keramaian pasar tradisional

Melakukan kerjasama dan kemitraan dengan potensi masyarakat dan kelompok atau forum kamtibmas guna mendorong peran sertanya dalam binkamtibmas dan dapat mencari solusi dalam penganan permasalahan atau potensi gangguan dan ambang gangguan yang terjadi di masyarakat agar tidak berkembang manjadi gangguan nyata kamtibmas.

Menumbuhkan kesadaran dan ketaatan terhadap hukum & perundang-undangan, memberikan bantuan dalam rangka penyelsaian perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum. Memberikan petunjuk dan melatih masyarakat dalam rangka pengamanan lingkungan, memberikan pelayanan terhadap kepentingan warga masyarakat untuk sementara waktu sebelum ditangani pihak yang berwenang. Menghimpun informasi dan pendapat dari masyarakat untuk memperoleh masukan atas berbagai isu atau kisaran suara yang tentang penyelenggaraan fungsi dan tugas pelayanan kepolisian serta permasalahan yang berkembang dalam masyarakat.

Lakukan Penindakan

Lebih jauh diungkapkan Aipda Erismon, dalam rangka kegiatan patroli nagari di Taeh Baruah pihaknya pernah mendatangi rumah seorang warga di Jorong Kubu Gadang yang bernama Zamzami (65) yang didapati menjual minuman keras jenis tuak.

“Dengan kesepakatan Walinagari, Kepala Jorong dan perangkat Nagari, akhirnya Zamzami diberikan peringatan. Sebagai sanksi terhadap yang bersangkutan, beberapa ember tuak miliknya dibuang di halaman rumahnya,” ungkap Aipda Erismon.

Seorang warga disebuah jorong, ketahuan menjual minuman tuak dan diberi sanksi tegas oleh Bhabinkamtibmas Aipda Erismon untuk membuang tuak yang ia jual

Tak hanya penindakan itu saja yang dilakukan Bhabinkamtibmas. Bersama Walinagari dan perangkat nagari serta Linmas, juga dilakukan mendatangi warung dan menasehati agar jangan mengadakan perjudian dalam bentuk apapun.

“Bahkan ketika tim patrol memasuki wilayah Padang Koreh Jorong  Bukit Tapung, Nagari Taeh Bukit, didapati beberapa anak muda pria dan wanita berkumpul-kumpul sampai larut malam. Ketika didatangi tim patroli, beberapa pasang dari remaja itu ada yang melarikan diri, namun sepeda motornya sebanyak 2 unit ditinggal. Demi keamanan sepeda motor dibawa ke Kantor Walinagari untuk selanjutnya dipanggil kedua orang tua mereka untuk dilakukan pembinaan,” sebut Aipda Erismon.

Diakhir wawancara Aipda Erismon juga mengakui bahwa sebagai upaya pembinaan kepada masyarakat, setiap hari Sabtu pihaknya melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap pelajar disejumlah sekolah yang ada di Kenagarian Taeh Baruah dan Kenagarian Taeh Bukik.

“ Pelatihan yang diberikan seperti PBB dan latihan tata upacara bendera serta berdasarkan MoU dengan Polsek Payakumbuh ditunjuk sebagai Pembina Upacara pada minggu pertama setiap bulan, “ pungkasnya. (est)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here