Antisipasi Napi Kabur, Lapas Payakumbuh Tingkatkan Pengamanan

0
178

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mengantisipasi terjadi Napi/warga Binaan di Lapas Kelas II B Payakumbuh Kabur/melarikan diri seperti yang terjadi di Lapas Sialang Bungkuk Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru kemarin, Lapas Payakumbuh meningkatkan pengamanan dan berstatus siaga satu.

IMG_20170506_125129

Kalapas Kelas IIB Payakumbuh, Agus Prakoso melalui KPLP, Abdul Silaban mengatakan jumlah personil yang ditempatkan untuk tiap shift di Lapas Payakumbuh ditingkatkan dibandingkan hari biasanya. Hal ini menurutnya sebagai upaya meningkatkan keamanan baik itu di dalam lapas maupun di luar lapas sehingga kejadian tahanan kabur seperti yang baru terjadi tidak terjadi di Payakumbuh. “Biasanya kita menempatkan 3 personil yang berjaga. Tapi kini ditambah 4 personil staf tambahan yang berjaga di sekitar lapas yang terletak di pusat kota ini,” ujar Abdul Silaban, Sabtu (6/5).

IMG_20170506_130448

Dalam apel pagi yang digelar setiap harinya, ia juga terus mengimbau kepada warga binaan dan petugas untuk tidak melakukan pungli. Kemudian meningkatkan pelayanan prima kepada warga binaan dan menjaga sopan santun dalam kegiatan sehari-hari. “Kalau ada tindakan pegawai yang anarkis atau berbuat tidak sepantasnya agar tidak didiamkan dan diadukan ke pimpinan. Ke depan diharapkan juga warga binaan untuk meningkatkan kebersihan dan memperdalam ilmu agamanya,” kata KPLP kepada warga binaan saat apel pagi.

IMG_20170506_130437

Sementara Staff KPLP M. Amanda mengatakan saat ini tercatat sebanyak 284 penghuni Lapas Kelas IIB Payakumbuh yang berlokasi di pusat Kota Payakumbuh. Status siaga ini merupakan instruksi langsung dari Dirjenpas I Wayan Kusmiantha Dusak kepada seluruh lapas yang ada di Sumbar. “Setelah mendapat laporan napi kabur di Riau tersebut, Kanwil Kemenkumham Sumbar langsung instruksikan siaga satu kepada KPLP Lapas yang ada. Instruksi ini lanjutan dari perintah pusat Dirjenpas,” ujar Amanda.

IMG_20170506_125915 IMG_20170506_131416

Ia menjelaskan siaga satu yang dimulai dari kemarin tersebut akan berakhir hingga Senin depan. Untuk Lapas Kelas IIB Payakumbuh sendiri, status siaga satu ini ditandai dengan peningkatan pengamanan yang dilakukan personil mulai dari pendaftaran, pemeriksaan pintu masuk, dan pemeriksaan barang-barang. “Pengamanan ekstra dilakukan saat kunjungan keluarga. Kemudian juga penempatan personil dibeberapa titik yang memantau kegiatan warga binaan baik itu saat kunjungan maupun sehari-hari,”ujarnya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here