Atasi Gangguan Kamtibmas, Muspika Kecamatan Payakumbuh Gelar Patroli Siaga

0
15

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Sepertinya, ini pantas dicontoh oleh jajaran Muspika lain yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Betapa tidak, untuk mengurangi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, Muspika Kecamatan Payakumbuh, membuat sebuah terobosan untuk menggelar kegiatan Patroli Siaga di wilayah hukumnya. Patroli Siaga yang digagas Camat Payakumbuh, Aimel Nazra, bersama Kapolsek Payakumbuh, AKP Hikmah dan Danramil Kapten Inf.Kusmianto dan dibantu para Walinagari dan kepala Jorong se Kecamatan Payakumbuh itu, meski baru berjalan tiga bulan, ternyata sukses dan mampu menekan terjadinya gangguan Kamtibmas di lingkungan daerah kecamatan setempat.

Dalam rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan Patroli Siaga yang digelar di aula kantor Camat setempat dipimpin Camat Aimel Nazra dan Kapolsek Payakumbuh, AKP Hikmah dan Danramil Kapten Inf.Kusmianto, serta dihadiri tim Patroli Siaga dan para walinagari dan kepala Jorong, kemarin, terungkap bahwa selama tiga bulan setelah dilaksanakannya operasi Patroli Siaga di wilayah hukum Kecamatan Payakumbuh, ternyata telah berhasil menekan tumbuhnya gangguan Kamtibmas di daerah ini.

“ Dari hasil kerja keras dan positif yang telah dilakukan tim Patroli Siaga ini, perlu dilakukan evaluasi terkait pengembanngan bentuk kegitan Patroli Siaga,” ujar Camat Payakumbuh Aimel Nazra dalam rapat evaluasi tersebut.

Diakui Aimel Nazra, dari hasil evaluasi setekah dilakukannya operasi Patroli baik siang maupun malam telah sukses menekan angka angguan Kamtibmas di di wilayah hukum Kecamatan Payakumbuh. “Dampak dari aksi Patroli Siaga ini, tawuran antar pemuda sudah tidak terjadi lagi. Termasuk anak sekolah yang keluyuran pada jam belajar dan bahkan keluyuran di malam minggu sudah jauh berkurang,” ujar Aimel Nazra.

Dia juga mengatakan, pengusaha warnet, Playstation dan bilyard sudah mulai tertib. Bahkan, 2 buah warung tuak sudah berhasil ditutup. Bentuk pengembangan kegiatan Patroli Siaga kedepan, ulas Aimel Nazra, akan dilakukan kegiatan patrol dalam bentuk merazia pemakaian kendaraan di kalangan anak sekolah dan remaja. “Bahkan tim Patroli Siaga akan menyikapi laporan-laporan masyarakat, utamanya laporan dari Kepala Jorong, terhadap adanya kerawanan untuk mencegah terjadinya gangguan Kantibmas dilingkungan masyarakat,” pungkas Aimel Nazra diamini Kapolsek Payakumbuh, AKP Hikmah dan Danramil 08 Akabiluru Kapten Inf.Kusmianto. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here