Balai Wartawan Berduka, Rachpendri Sakti Telah Berpulang

0
56

Payakumbuh, Dekadepos.com

“Selamat Jalan Sahabatku”

Lama terbaring di RSUD dr.M Jamil Padang dan RSUD dr. Ahmad Darwis, Suliki, Limapuluh Kota, Rachpendri Sakti (46) anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah dikabarkan oleh kakak kandungnya Sevindrajuta telah berpulang ke rahmatullah, Sabtu dini hari (28/4) sekira pukul 1.45  Wib. Kepergian Rachpendi Sakti untuk selama-lamanya menghadap sang Khalik, selain meninggalkan kesedihan dan duka mendalam bagi keluarga, istri dan kerabatnya, juga meninggalkan duka bagi keluarga besar Balai Wartawan Luak Limpuluah, karena telah kehilangan seorang ‘sahabat’ wartawan yang dikenal gigih dan keras dengan prinsip serta berani menyuarakan kebenaran ini.

Menjabat sebagai Pemimpinan Umum/Redaksi media online Tiras Andalas.com, Rachpendri Sakti yang akrab dipanggil Pen itu, telah banyak mewarnai dunia jurnalistik di ranah Luak Limopuluah ini, bahkan sudah melanglang buana sebagai jurnalis sampai ke bumi Lancang Kuning, Riau dan bekerja di Harian Detil Pekanbaru.

IMG_20170430_102614

“Kita telah kehilangan sosok wartawan yang memiliki idealisme yang tinggi yang pantas ditiru oleh kalangan pewarta muda di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar wartawan senior Nasrul Kenong saat melawat ke rumah duka.Kepergian Rachpendi Sakti menghadap sang khalik, adalah akhir dari perjuangan dan baktinya sebagai seorang jurnalis di daerah ini.

Meninggalkan seorang istri bernama Dona, yang akrap dipangilnya dengan sebutan kesayangan “Biai” itu, namun belum dikarunia seorang anak, anggota PWI yang sudah mengantongi seritifikat Uji Kompetensi Wartawan ini, banyak meninggalkan cerita suka dan duka dikalangan wartawan yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

IMG_20170430_114905

Betapa tidak, dari tangan dialah banyak lahir ide dan gagasan tentang pengabdian dan peran serta wartawan untuk mengisi pembangunan daerah ini. Salah satunya adalah, mencari calon pemimpin yang berkulitas untuk bakal calon Bupati Limapuluh Kota dan Walikota Payakumbuh, melalui forum dialog bertajuk Menuju BA I C dan BA 1 M yang sukses digelar Balai Wartawan Luak Limopuluah.

Tak hanya itu, Rachpendri Sakti bersama komuditas Forum Masyarakat Peduli Payakumbuh (FMPP) juga berhasil membuat program-program kepedulian untuk daerah dan masyarakat Kabupaten Limapuuh Kota dan Kota Payakumbuh. Termasuk menggagas aksi-aksi turun ke jalan melakukan demontrasi untuk menyuarakan ketertindasan wartawan dalam menjalankan profesinya sebagai seorang jurnalis.

d

“Selamat jalan sahabatku. Perjuanganmu sebagai insan pers pembela kebenaran dan keadilan, akan terus kami pikul dan suarakan demi negeri ini,” ujar sejumlah anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah ketika melayat ke rumah duka.

Diantar Bupati ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Mendapat kabar duka telah berpulangnyanya Rachpendri Sakti keharibaannya, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan beserta sejumlah Kepala SKPD Pemkab setempat termasuk kalangan pejabat dijajaran Pemko Payakumbuh, datang melayat ke rumah duka.

Ketika melepas jenazah ke tempat pengistirahatannya yang terakhir di pandam perkuburan keluarga di kampung halamannya Nagari Batu Balang, Taram, Harau, Bupati Irfendi Arbi dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan atas nama Pemerintah daerah mengucapkan belasungkawa atas kepergian Rachpendi Sakti, sekaligus meminta keluarga yang ditinggalkan tabah menhadapi cobaan ini.

33

“Kepergian Rachpendi Sakti, tidak hanya meninggalkan duka bagi keluarga, suami dan kerabat. Tapi kita telah kehilangan seorang sahabat jurnalis yang telah banyak memberikan sumbangsihnya untuk membangun daerah ini, “ ujar Bupati Irfendi Arbi saat melepas almarhum ke tempat pengistirahatnnya yang terakhir. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here