Bangun Tengah Malam Lakukan Penggeledahan Ini Cerita Polwan Muda Polres Payakumbuh….

0
625
Bripda. Suciana Faibo (Paling Kanan,Baju Pink) saat di TKP sebuah Kasus Pengungkapan Narkoba.

 

 Payakumbuh, Dekadepos.com 

Menjadi Polisi, ternyata telah menjadi cita-cita Suci Kecil, wanita kelahiran Bogor 11 Februari 95 lalu itu kini telah menggenakan seragam Coklat sebagai Personil Polisi Wanita (Polwan) di Polres Payakumbuh. Berdinas di bagian Satuan Reserse Narkoba Polres Payakumbuh ternyata tidak membuatnya puas, ia terus belajar dan belajar dari para seniornya di Kesatuan yang khusus “ Perang” terhadap para bandar dan pengedar Narkoba.

Saat lulus sebagai Polisi pada tahun 2014 lau, Suci begitu ia dipanggil ia telah ditempatkan dibagian Satresnarkoba yang kini dipimpin Iptu. Hendri Has tersebut, hingga kini, dara muda berpangkat Brigadir Dua (Bripda) masih terus belajar dan belajar di bagian Satresnarkoba. Ketika bicara tentang suka duka sebagai Polisi, terutama jelang hari Ulang Tahun Polisi Wanita ke-69 tahun tahun 2017.  Anak pertama dari dua bersaudara itu, mengaku juga banyak suak duka yang ia lalui.

“ Mengabdi/bekerja sebagai Polisi, khususnya di bagian Satresnarkoba kadang tak mengenal waktu, apalagi saat para senior yang biasa opsnal (Lapangan.red) melakukan penyelidikan dan pengungkapan kasus Narkoba, saat para tersangka sudah tertangkap, tentu untuk melakukan penggeledahan kepada tersangka perempuan harus dilakukan oleh Polisi Wanita (Polwan), disitulah suka duka sebagai Polwan. Sebab harus bangun tengah malam untuk memenuhi panggilan tugas melakukan penggeledahan. Kadang, saya juga harus begadang sampai untuk mendapangi para senior di kantor yang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka yang ditangkap”. Sebut putri dari Yulizar dan Anasusanti itu, Senin sore (28/8).

Wanita berdarah Minang dan Bogor yang juga penyuka kucing itu, juga mengatakan bahwa hingga saat ini keberadaan Polwan terus mendapat tempat ditengah-tengah masyarakat, terutama dikalangkan Mapolres tempatnya bekerja. Dukungan dan dorongan dari para senior Polwan terud diberikan dalam menjalankan tugas.

Suci yang besar di Kota Hujan Bogor itu juga mengatakan bahwa alasan menjadi seorang Polisi, karena memang merupakan cita cita dari kecil, selain itu juga untuk menegakkan keadilan, sebab saat sekarang ini banyak tindak pidana, dimana korbannya kebanyakan anak-anak dan wanita. Selain itu emansipasi wanita, juga mendorongnya untuk mengabdi sebagai Polisi. “ Melalui pendekatan-pendekatan, saya berusaha mengajak mereka yang tersandung kasus Narkoba untuk tidak lagi/terbujuk rayu dalam penyalah-gunaan narkoba, sehingga nantinya tidak mengulangi perbuatan mereka setelah bebas dari menjalani masa hukuman.”. tutupnya.

Sementara Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto didampingi Kasat Resnarkoba, Iptu. Hendri Has, mengatakan bahwa keberadaan Polwan disetiap Kesatuan di Polres Payakumbuh tentu sangat membantu, apalagi saat melakukan penangkapan. “ Untuk mengungkap kasus Narkoba, kita tentu punya trik-trik tertentu, termasuk memakai Polwan dan Undercover/penyamaran dalam mengumpulkan data-data, selain itu, Polwan juga kita perlukan saat penggeledahan terhadap tersangka perempuan”. Sebutnya”. (Est)

Selamat Ulang tahun Suci, Selamat ulang tahun Polwan Polres Payakumbuh, Selamat Polwan Se Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here