Bantuan Bencana Ke Daerah Terisolir Disalurkan Melalui Udara

0
26

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Satu unit Helikopter yang dikirim Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk memudahkan pengiriman logistik ke lokasi longsor yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota telah mendarat di GOR Singa Harau, Selasa (7/3) pagi. Helikopter jenis BELL HR 1301 itu mendarat sekitar pukul 09.30 wib setelah terbang dari Bandara Sutan Syarir Padang. Sesuai rencana, Helikopter ini dipakai untuk dropping logistik ke lokasi longsor. Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kapolres AKBP Bagus Supratomo selaku komando bantuan bencana menuturkan, bantuan pertama yang akan dikirim Helikopter dari Basarnas ini dipusatkan ke Nagari Galugua,Kecamatan Kapur IX.

” Kita tahu kondisi tersulit untuk mengirimkan bantuan terjadi di Nagari Galugua. Untuk itu, bantuan pertama dikerahkan ke Galugua”ujar Kapolres ketika memimpin rapat kordinasi bersama Deputi penanggulangan darurat bencana, Tri Budiarto, Mayor Penerbangan A Kholiq, Dandim 0306/50 Kota, Letnan Kolonel Heri Sumitro, BPBD Provinsi, serta unsur muspika lainnya. Dijelaskan Kapolres, bantuan pertama yang dibawa kenagari Galugua berupa barang-barang siap pakai dan makanan yang siap dikonsumsi, diantaranya, pakain, selimut dan makanan siap santap, “ ini merupakan upaya dari Negara untuk bisa lebih dekat menjangkau masyarakat yang terkena musibah, kita akan bicarakan dengan pilot untuk bisa terbang rendah dilokasi pemberian bantuan, sehingga barang –barang yang didistribusikan itu tidak rusak” ujarnya.

bupati bersama kapolres usai mengatarkan logistik ke nagari galugua-1 Bupati, Irfendi arbi serta jajaran gelar rapat kordinasi sebelum berangkat mengantarkan bantuan ke galugua

Menurutnya, dalam sehari penerbangan Helikopter ini nantinya bisa terbang Tiga kali atau paling banyak 4 kali penerbangan tergantung kondisi cuaca dilapangan, “ Mengingat kondisi cuaca kita akan usahakan heli bisa terbang Empat rute penerbangan dalam sehari, kita fokuskan ke titik lokasi yang benar-benar terisolir”ungkapnya. Dari data yang dihimpun wartawan dilapangan, penerbangan pertama Heli Helijenis BELL HR 1301 yang dipiloti Mayor Penerbangan A Kholig ini ke Nagari Galugua, membawa 5 penumpang. Diantaranya, Bupati Irfendi Arbi, Kapolres Payakumbuh, AKBP  Bagus Suropratomo Oktobrianto, S.Ik, Kombes Pol Tumpal Damayanus, SH, MH, perwakilan BNPB, Tika serta satu orang wartawan. Sedangkan, untuk bantuan yang diantarkan Bupati itu terdiri dari selimut sebanyak 3 koli,dan makanan siap saji sebanyak 4 koli, diperkirakan berat keseluruhan mencapai 400 Kg.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi usai memberikan bantuan ke daerah Galugua, Kapur IX melaporkan kondisi terkini di Nagari Galugua memang memprihatinkan, diakui Bupati akses menuju Galugua sangat sulit ditempuh melalui jalur darat. “Alhamdulilah berkat bantuan dari tim Basarnas, kita telah droping ke daerah bencana di Nagari Galugua, dari pantauan tadi diudara terlihat salah satu badan jalan putus dan terban sangat sulit untuk ditempuh melalui jalur darat” ungkap Bupati.

Dijelaskan Bupati, kedepan tim akan terus fokus mendistribusikan makanan kadaerah ini, karena lokasi yang dilalui itu sangat jauh dari keramain. “ Selain itu, fokus kita kedepan mempercepat perbaikan jalur transportasi  sehingga alur transportasi menuju Nagari itu bisa ditempuh kembali”ujar Bupati. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here