BAPEMPERDA DPRD KABUPATEN BATANGHARI KUNJUNGI DPRD KOTA PAYAKUMBUH

0
56

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Batang Hari, Propinsi Jambi melakukan kunjungan komperatif ke DPRD Kota Payakumbuh, 30 Maret 2017 lalu.

Menurut Jhon Kenedi,SH,MH, sebagai pimpinan rombongan sekaligus sebagai Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari mengatakan bahwa, kunjungan Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari ke DPRD Kota Payakumbuh berkaitan dengan tugas pokok dan pungsi Bapemperda serta Propemperda.

Kedatangan rombongan Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari dengan jumlah rombongan sebanyak 17 orang diterima oleh Sekwan DPRD Payakumbuh, Erwan, SIP dan Kabag Hukum dan Risalah, Hj. Prima Yanuarita SH. M.Si, Kabag Umum Yon Refli, S.Sos, M.AP, Kabid Pasar Dinas Koperindag Payakumbuh, Agus Rubiono.

“Kami menilai DPRD Kota Payakumbuh cukup baik dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga legislatif. Indikatornya adalah banyaknya Perda yang sudah disahkan maupun propomperda yang akan dibahas di tahun ini. Untuk itulah kami datang ke Kota Payakumbuh untuk melakukan study komperatif terkait hal tersebut,” kata Jhon Kenedi.

 

Jhon Kenedi juga mengatakan bahwa, kedatangan Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari ke DPRD Kota Payakumbuh, ingin mengetahui tentang proses pembuatan Perda Pasar Modren dan Perda Pasar Tradisional. “ Pasalnya, saat ini kami di DPRD Kabupaten Batang Hari sedang membahas kedua Ranperda tersebut,” aku Jhon Kenedi.

Menjawab pertanyaan rombongan Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari, Sekwa DPRD Payakumbuh Erwan, SIP selain mengambarkan geografis Kota Payakumbuh dan pembangunan secara umum, juga membeberkan soal proses Ranperda Pasar.

“ Saat ini Kota Payakumbuh baru memiliki Perda Pasar Tradisional. Sedangkan Perda Pasar Modren belum ada di Kota Payakumbuh, “ ujar Erwan, SIP.

Pada kesempatan itu Kabid Pasar Dinas Koperindag Payakumbuh, Agus Rubiono, sempat menjelaskan terhadap kondisi Pasar Tradional Payakumbuh. “ Saat ini Pasar Tradional Payakumbuh selain dikenal sebagai pasar sehat, juga telah menjadi pasar rujukan dengan perputaran uang mencapai Rp 2 Milliar satu hari,” ungkap Agus Rubiono.

Setelah dilakukan Tanya jawab, akhirnya rombongan Bapemperda DPRD Kabupaten Batang Hari, diajak melihat secara dekat kondisi Pasar Ibuah (esa tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here