Belasan Tenaga Kerja Payakumbuh Bakal Magang di Malaysia

0
58
Walikota Payakumbuh, diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi, Saat memberikan Sambutan

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dua belas orang peserta Diklat Tenaga Kerja Bidang Pariwisata dan Perhotelan di Kota Payakumbuh bakal melakukan Magang di Malaysia pada 02 September 2017 mendatang. “Ini adalah pemberangkatan tahap pertama,” ungkap Vita Yeva, Panitia Pelaksana Diklat dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, ditemui dalam acara melepas secara resmi pemberangkatan peserta magang, sekaligus menutup Diklat yang telah dilaksanakan selama tiga bulan, di Ruang Pertemuan Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Rabu (30/08).

Keterangan Vita, kegiatan Diklat telah dimulai tanggal 09 Mei 2017 lalu, berakhir tanggal 29 Agustus 2017, dengan peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang. “Kegiatan ini diakhiri dengan uji kompetensi. Peserta Diklat ini ditempatkan di sejumlah hotel berbintang di Malaysia. Tahap pertama ini sebanyak 12 orang. Untuk keberangkatan selanjutnya, menunggu informasi dari pihak Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid sebagai mitra Pemko Payakumbuh,” terangnya kemudian.

Walikota Payakumbuh, diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi, dalam sambutannya mengingatkan peserta, bahwa kompetisi dunia kerja dewasa ini, tidak hanya terkait dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan saja. Tenaga kerja yang kompeten, profesional, inovatif, dan attitude yang baik sangat diperlukan. Kriteria demikian, akan menunjang produktifitas dan kinerja perusahaan dalam membangun ‘net working’ untuk meraih kepercayaan masyarakat.
“Pemko Payakumbuh sangat bahagia dengan kegiatan ini, karena secara tidak langsung, semakin banyak tenaga profesional di berbagai bidang, akan semakin mengurangi tingkat pengangguran. Mudah-mudahan di masa mendatang kegiatan ini dapat terus dilanjutkan,” pesan Iqbal.

Sementara itu, Kusmayadi, dari pihak STP Sahid mengatakan, kerjasama Pemko Payakumbuh dengan STP Sahid idenya berawal dari Walikota Payakumbuh, Riza falepi. “Bagaimana bisa mengurangi angka pengangguran di kota ini. Satu cara dan terobosannya antara lain dengan melatih tenaga profesional di bidang pariwisata,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu peserta magang memperagakan berpidato dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Perancis. Juga diserahkan secara simbolis sertifikat Diklat dari STP Sahid kepada Pemko Payakumbuh, kemudian Pemko Payakumbuh menyerahkan kepada perwakilan peserta. Penyerahan sertifikat, Iqbal didampingi Staf Ahli Walikota, Ruslayetti, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan undangan lain. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here