Berantas Narkoba, Pemkab Gandeng Ormas

0
66
Sekda Pemkab Pasbar H Manus Handri berpose bersama LSM dan Ornas usai berdiskusi, Kamis (24/8/2017). Junir Sikumbang

 

PASBAR, dekadepos.com-

Setiap pergerakan bangsa yang pernah terjadi dalam sejarah diawali dari organisasi, oleh sebab itu kerjasama pemerintah daerah dengan Ormas (Organisasi Masyarakat) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus benar-benar terjalin untuk memberantas berbagai persoalan generasi seperti penyalahgunaan Narkoba.

Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran melalui Sekda Pasbar, H. Manus Handri dalam acara Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Masayarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (24/8) memyatakan bahwa mustahil pemerintah daerah bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dan kerjasama yang baik dengan berbagai Ormas dan LSM dalam memberantas Narkoba di Pasbar.

Dikatakan, lost generation (lenyapnya generasi)  dalam konteks akibat peredaran Narkoba adalah target utama dari bangsa lain yang ingin menghancurkan Indonesia lewat peredaran Narkoba. Langkah tersebut nyaris efektif dilakukan, terbukti dengan tingginya angka pemakai Narkoba dari kalangan remaja.

“Hal ini perlu perhatian dan kerjasama kita bersama. Peran Pemda bersama pemuda, Ormas dan LSM dalam perlu dikuatkan untuk menyelamatkan generasi penerus Pasaman Barat khususnya,” ujar Manus.

Menurutnya, organisasi masyarakat harus terus dikembangkan. Hal itu diupayakan untuk menguatkan berbagai sektor atau media yang punya peran strategis dalam memberantas Narkoba dan menyelamatkan generasi muda Pasbar.

Disamping itu, Manus Handri juga mengajak segenap Ormas dan LSM Pasbar agar berlaku positif dalam menyikapi berbagai dinamika dan gejolak yang ada.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini kita bisa mencapai apa yang diharapkan yakni mencapai keberhasilan menyelamatkan generasi, kemajuan pembangunan dan kemandirian daerah,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Edison Zelmi melaui Kepala Bidang Budaya dan Politik, Afrida memyampaikan bahwa sosialisasi pemberdayaan Ormas dan LSM dilakukan dengan tujuan meningkatkan peran Ormas dan LSM dalam pembangunan di Pasaman Barat.

“Ini adalah upaya yang secara berkelanjutan terus kita lakukan setiap tahunnya, dengan harapan membawa pengaruh yang signifikan terhadap peran dan fungsi strategis dari Ormas dan LSM dalam menyukkseskan pembangunan daerah bersama pemerintah,” tutur Farida.

Sosialisasi pemberdayaan Ormas dan LSM yang berlangsung hingga Kamis siang diikuti oleh segenap Ormas dan LSM yang hadir beserta organisasi kemahasiswaan yang ada di Pasbar. (JS)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here