Berusia 69 Tahun, Ini Kata Polwan Senior dan Polwan Muda Polres Payakumbuh

0
432
Polisi Wanita (Polwan) Polres Payakumbuh mengunjungi Polwan Sepuh dalam Rangkaian Peringatan Hut Polwan tahun 2017.

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Sejumlah harapan ditompangkan sejumlah Polisi Wanita (Polwan) di seluruh Indonesia di usia Polwan yang ke 69 pada 2 September 2017 mendatang, termasuk Polisi Wanita yang berdinas di Polres Payakumbuh. Seperti yang diungkapkan AKP. Asniwati Polwan Senior yang pernah menjabat Kapolsek Payakumbuh. Kedepan ia berharap Polwan lebih dicintai masyarakat, keberadaan Polwan ditengah-tengah masyarakat juga semakin bermanfaat.

Menjelang peringatan hari Polwan 2 September 2017 beberapa hari mendatang, Polwan terus bersosialisasi dimasyarakat. Kehadiran polisi di tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan rasa aman dan tenang. Disamping itu, berbagai terobosan dilakukan polisi dan polwan di tengah masyarakat, mulai dari sosialisasi terkait bahaya narkoba, sampai berbagai antisipasi kejahatan lainnya. Anak-anak muda dimasing-masing kelurahan dibina dan diarahkan dengan berbagai kegiatan positif seperti wirausahaan dan disiplin. “Kedepan Polisi wanita supaya terus mendapat tempat di hati masyarakat, sehingga mau tidak mau harus bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan dekat dengan polisi, dan merasa aman dan terayomi,” sebut AKP. Asniwati baru-baru ini di Mapolres Payakumbuh.

Polwan yang sudah 32 tahun menjadi polisi wanita ini, sangat yakin bahwa Polwan semakin mendapat tempat dan dicintai masyarakat. Dengan begitu Citra Polwan dimasyarakat semakin baik dan polisi akan bergandengan tangan bersama-sama masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketenangan. “Sekarang ini ada 40 orang Polwan di yang bertugas di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh. Mereka tersebar diberbagai satuan, contoh yang ada di bagian lantas terus melakukan sosialisasi kepada pelajar bagaimana tertib berlalulintas, tidak ugal-ugalan dijalan raya dan mematuhi rambu-rambu lalin,” sebutnya.

Seperti beberapa waktu lalu, polwan mengajar di sekolah-sekolah untuk sosialisasi terkait berbagai bahaya kejahatan terutama terkait ancaman gelap peredaran narkoba. Payakumbuh yang berada di wilayah perlintasan Rumbar-Riau sangat rentan menjadi pasar gelap narkoba di Sumbar. Terlihat dari berbagai kasus yang diungkap oleh Satresnarkoba dan BNN. Bahkan kini sungguh mengkhawatirkan, sebab sasaran peredaran gelap narkoba sudah mengarah kepada pelajar.

Sementara itu,  Bripda. Suciana Faibo Polwan muda yang bertugas di bagian Satresnarkoba Polres Payakumbuh sangat berharap kedepan Polwan semakin dekat dengan masyarakat. “Kita sangat berharap Polwan terus mendapat tempat di hati masyarakat dan semakin dicintai,” sebutnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Luak Limo Puluah, Amchandra St.Sinaro menyebut bahwa narkoba sudah menjadi ancaman bagi generasi bangsa tidak terkecuali generasi Luak Limo Pupuah. “Kita mendukung pihak kepolisian terus melakukan upaya pencegahan dengan sosialisasi bahaya Narkoba kepada generasi muda di sekolah-sekolah. Hut Polwan ini menjadi momen bagi Polisi Wanita untuk berperan aktif memberikan pengetahuan kepada generasi sekolah serta kepada ibu-ibu dirumah tangga”. (Esha Tegar)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here