Besok, KPU Bakal Sortir Surat Suara. Panwas : Kita Lakukan Pengawasan Melekat

0
137

Payakumbuh. Dekadepos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh berencana bakal melakukan penyortiran Surat Suara yang akan digunakan pada Pilkada serentak Jilid II pada 15 Februari mendatang. Penyortiran tersebut bakal dimulai pada Senin (23/1) sekitar pukul 8.30 Wib, Untuk melakukan penyortiran itu, KPU menurunkan seluruh staf yang terbagi kedalam lima tim. Untuk penyortiran diperkirakan bakal memakan waktu dalam beberapa hari kedepan.

Namun jika dalam proses penyortiran itu ditemukan sejumlah surat suara yang rusak/tidak bisa dipergunakan, maka akan dikirimkan ke Percetakan untuk dicetak dan diganti. Usai dilakukan penyortiran, maka dilanjutkan dengan proses pelipatan surat suara.

“ Memang benar, besok (Senin.red) kita bakal melakukan penyortiran surat suara yang sebelumnya telah disimpan di Gudang KPU di Jalan RKY. Rasuna Said. Proses penyortiran itu bakal dikawal oleh Panwaslih Payakumbuh”. Sebut Ketua KPU, M. Khadafi, Minggu Sore (22/1).

2 3 4

Ia juga menambahkan, jika dalam proses penyortiran tersebut ditemukan surat suara yang rusak/tidak bisa digunakan, maka akan disisihkan untuk dikirim dan dicetak ulang oleh percetakan. Nantinya, selesai penyortiran surat suara, maka dilanjutkan dengan pelipatan surat suara. Sebelumnya diberitakan bahwa untuk surat suara di Pilkada Payakumbuh yang datang dari percetakan mencapai 45 koli. Dengan rincian Sebanyak 43 Koli untuk Pemilihan pada 15 Februari mendatang (masing-masing koli berisi 2000 lembar), 1 koli (berisi 2000 lembar) untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan 1 koli dengan jumlah 541 lembar. Surat suara dengan total 88.541 lembar itu dibawa dengan truk ekspedisi Pos Indonesia

Sementara, Ketua Panwaslih Payakumbuh, Suci Wildanis melalui Anggota Panwaslih, Media Febrina mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan pengawasan melekat untuk mengawasi pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara. “ KPU tentu punya Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomot 11 tahun 2016. Kita akan lakukan pengawasan melekat terhadap proses itu” sebutnya.

55555

Ia juga mengingatkan agar lebih ditingkatkan pengamanan surat suara rusak ini serta jangan dibuang sembarangan. Dikarenakan kerusakan surat suara itu bermacam-macam bentuknya. Ada yang sobek, berlubang, kotor, dan lain sebagainya. Untuk itu guna memastikan dan pengamanan akan melakukan pengawalan serta dari awal proses pelipatan surat suara sampai dengan selesai.
Pilkada serentak Jilid II yang akan digelar pada 15 Februari mendatang, diikuti tiga Pasangan Calon, Wendra Yunaldi – Ennaidi dt. Angguang dengan Nonor Urut (1), Riza Falepi – Erwin Yunaz (2) serta Suwandel Mukhtar – Fitrial Bachhri dengan Nomor urut (3). (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here