Brantas Narkoba, BNNK Payakumbuh Tekan MoU Dengan Kodim 0304/Agam

0
38

BUKITTINGGI.Dekadepos.com.

 

Dandim 0304/Agam  Letkol.Kav.Salim Kurniawan Dewantara atas nama jajaran Kodim 0304 Agam dan Kepala BNNK Payakumbuh AKBP.Firdaus.ZN  me nandatangani MoU Pemberantasan Narkoba dilingkungan Kodim 0304 Agam. Penandatanganan MoU itu berlangsung beberawa waktu yang lalu di Aula Ma kodim 0304 Agam di jalan Sudirman Bukittinggi.

 

Dari MoU itu,jelas kedua lembaga sepakat untuk menyatakan perang ter hadap segala macam bentuk peredaran narkotika dan obat- obatan terlarang terutama di wilayah Bukittinggi dan Kabupaten Agam.Dan itu dibutikan dalam salah satu poin MoU,dimana,pihak pertama (Kodim 0304 Agam) tidak akan me lakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer, tindak pidana militer, dan tindak pidana lainnya, terutama penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan prekusor lainnya. Apabila dikemudian hari melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer dan lainnya akan dilaksanakan penindakan sesuai proses hukum yang berlaku di TNI AD.

 

Penandatanganan MOU antara Kodim 0304 Agam degan BNNK Paya kumbuh itu,selain dihadiri Ketua DPRD,Beny Yusrial dan pimpinan  Forkopinda, juga dihadiri anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat H.Nofrizon,Ninik Mamak dan seluruh Danramil dijajaran Kodim 0304/Agam serta Prajurit di Makodim 0304/Agam.

 

Dandim 0304/Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara pada kesem patan itu mengatakan, pihak Kodim 0304/Agam sebelumnya telah melaksana kan tes urine untuk seluruh anggota,dan itu dilakukan untuk meminimalisir se kaligus pengawasan terhadap penyalahgunaan Narkoba di lingkungan satuan.

 

Untuk itulah MoU yang ditandatangani mancakup bantuan TNI kepada BNN dalam rangka membantu pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan prekusor Narkotika serta pelaksanaan reha bilitasi. Dan Pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada UU nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Prajurit.

 

Untuk itu,kita akan  terus memaksimalkan peran Babinsa  disetiap Desa dan Kelurahan dalam membentuk jaring informasi yang kuat. Dari jaring infor masi itulah ,kita dapat menindaklanjutinya dengan bekerjasama dengan aparat Kepolisian untuk memantau kegiatan-kegiatan pergerakan jaringan Narkoba di wilayah tersebut.ujar Salim Kurniawan menambahkan kedeoannya akan diada kan desa atau kelurahan bebas narkoba,sehingga akan dapat memotivasi dae rah lain untuk berbuat gerakan yang sama,tambahnya.( Aldo )