Bukik Subang Lubuk Salasih Kabupaten Solok Kembali Longsor

0
124

SOLOK, Dekadepos.com

Akibab cuaca buruk dalam dua Minggu terakhir yang melanda Kabupaten Solok dan sebagian besar wilayah di Sumatera Barat, beberapa daerah mengalami banjir kecil dan longsor. Selain itu, cuaca buruk juga menghambat aktivitas masyarakat dan melumpuhkan perekonomian sebahagian masyarakat.

Di jorong Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin siang kembali terjadi bencana longsor. Meski tidak ada korban jiwa akibab kejadian tersebut, namun bekas longsor yang terjadi akhir Agustus 2016 lalu, kembali longsor setelah sepekan ini hujan dan angin kencang hampir tak pernah henti melanda daerah itu. Walinagari Batang Barus, berushaa mendatangkan alat berat untuk mengangkat matrial timbunan ongsor yang hampir setinggi 2 meter dengan lebar 20 meter. Sehingga lokasi ini sempat terisolasi beberapa jam dari dunia luar.

“Kejadiannya tadi pagi dan hujan turun secara terus menerus di sini, sehingga kita meminta masyarakat untuk tetap waspada,” jelas Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar, Senin (12/12). Bukit Subang merupakan sebuah dusun di Lubuk Selasih dan berjarak sekitar 3 KM dari Rawang arah Kota Padang. Sedikitnya 8 rumah yang terdiri dari 8 KK serta dihuni 36 Jiwa, tinggal di daerah ini.

Longsor diakibabkan oleh hujan disertai angin kencang dan Pemerintah Nagari dan kecamatan kesulitan mengevakuasi warga sampai Senin sore. Sebuah alat berat tetap bekerja membersihkan timbunan longsor. Pengangkatan material longsor Bukit Subang, sempat terhenti karena cuaca hujan dan angin kencang. “Yang penting kita bersyukur tidak ada korban jiwa di Bukit Subang ini,” Anita Viona, jelas warga setempat (Ujang Jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here