Bukittinggi Terima Penghargaan Menteri Keuangan

0
40

Keberhasilan Pemko Bukittinggi meraih opini Wajar Tanpa Pengecua lian (WTP) pada laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama  tiga tahun berturut-turut menjadikan kota ini sebagai salah satu daerah peneri ma penghargaan dari Menteri Keuangan. Penghargaan diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendahaaraan Sumbar Drs. Supriyo M.H. kepada Walikota H. Ramlan Nurmatias, SH. Rabu (14/12) di Balaikota.

Turut hadir pada acara tersebut, Sekda Yuen Karnova, Inspektur Kota Hermansyah, Kepala DPKAD Deded Krinaldi dan SKPD lainnya.

 

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar,Supriyo pada kesematan itu berharap penghargaan yang diberikan hendaknya  dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan.

Menurutnya ,hal yang juga penting untuk dicapai adalah kesehatan fiskal daerah, pengelolaan keuangan secara menyeluruh dan perbaikan pelayanan publik. Ia juga berharap penerimaan negara dari sektor pajak terus digenjot. Sehingga ketimpangan antara target dan realisasi pajak setiap tahunnya dapat diminimalisir.ujar Supriyo.

Sementara itu, Walikota Ramlan Nurmatias bertekad akan tetap mem pertahankan opini WTP pada LKPD Kota Bukittinggi meskipun target nilai yang harus dicapai semakin meningkat. Untuk mendapatkan WTP di tahun ke empat, Pemerintah harus mampu melakukan tindak lanjut hasil peme riksaan (TLHP) sebesar 90 %. Menurutnya angka tersebut tidak mustahil dilakukan jika seluruh SKPD berkomitmen untuk itu.kata Walikota.

 

Dikatakan, pengelolaan keuangan daerah bukanlah urusan teknis akuntansi semata, tetapi menyangkut tata nilai para penyelenggara peme rintahan. “Esensi dari transparansi dan akuntabilitas keuangan pemerintah adalah pertanggungan jawaban moral, pertanggungjawaban konstitusional terhadap masyarakat dalam menggunakan uang milik rakyat” ungkap Walikota Ramlan Nurmatias.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan berkas tentang Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Program ini akan memper mudah pemerintah melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan hal itu Ramlan Nurmatias juga  berharap se makin banyak masyarakat kota jam gadang dapat memanfaatkan dana KUR untuk meningkatkan usaha mereka.(Aldo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here