Bupati 50 Kota Ajak Masyarakat Antisipasi Gangguan Kamtibmas

0
15

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengajak masyarakat menciptakan situasi dan kondisi lingkungan yang aman dan kondusif. Jika ada permasalahan, hendaknya dimusyawarahkan dengan kepala dingin, dan setiap ada gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas), segera laporkan kepada pihak berwajib.

“Kita berharap agar seluruh masyarakat menjaga kantibmas di lingkungannya. Kita ingin dalam bulan Ramadhan ini masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa dan shalat tarwih dengan aman dan nyaman”, ujar Bupati Irfendi kepada wartawan di Sarilamak, Minggu (11/6). Dikatakan, gangguan Kamtibmas itu bisa saja berupa petasan, yang tidak hanya akan menimbulkan ledakan yang mengganggu masyarakat beribadah, namun juga rawan terjadinya kebakaran. Hal ini perlu menjadi perhatian serius seluruh orang tua agar melarang anaknya bermain barang berbahaya tersebut.

Selain itu, dalam bulan suci ini masyarakat juga diminta meningkatkan kewaspadaannya dari tindak kriminal seperti maling. Sebab, pengalaman di berbagai tempat menunjukan dalam bulan puasa salahsatu trend-nya adalah kasus pencurian dan penipuan. “Agar rumah kita ketika ditinggal pergi shalat tarwih tidak disantroni maling, kita harus benar-benar memastikan rumah itu sudah terkunci. Begitu juga api kompor atau tungku, harus betul-betul sudah mati agar tidak terjadi kebakaran,” ingat Irfendi.

Menurut Irfendi, menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, bukan hanya tugas aparat kepolisian, melainkan menjadin tugas semua pihak termasuk elemen masyarakat. Kalau ada permasalahan yang bisa diselesaikan secara musyawarah seperti halnya perselisihan antar warga, maka jangan langsung dibawa ke penegak hukum, sebaliknya bicarakan dan cari jalan keluar terbaik. Namun, kalau permasalahan itu sudah menyangkut pelanggaran hukum, seperti tindak kejahatan, sebaiknya segera laporkan kepada kepada pihak kepolisian atau Babinkamtibmas dan Babinsa yang ada di nagari.

“Kita menghimbau seluruh komponen masyarakat ikut berpartisipasi dan senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa di masing-masing nagari untuk terciptanya Kantibmas,” papar Irfendi.
Dengan lingkungan yang aman dan nyaman, lanjut Irfendi, masyarakat akan dapat melaksanakan aktifitas dan rutinitas sehari-harinya dengan lancar tanpa gangguan. Selain itu, suasana yang kondusif juga akan memberikan kesempatan bagi masyarakat menjalani kehidupan yang normal dan layak. “Kita ingin masyarakat bisa menjalani bulan Ramadhan dengan suka cita. Untuk itu, mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan nyaman,” simpul Irfendi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here