Bupati 50 Kota Resmikan SMPN 4 Bukik Barisan

0
118

Limapuluhkota, Dekadepos.com

Puluhan tahun mengidamkan, masyarakat Nagari Banjalaweh Kecamatan Bukik Barisan dan sekitarnya akhirnya memiliki Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri juga. Masyarakat merasa gembira, sebab kini anak-anak mereka tidak harus lagi sekolah ke SMP di kecamatan tetangga seperti Suliki atau Guguak yang berada jauh dari Banja Laweh. “Kami masyarakat Bukik Barisan benar-benar merasa senang dengan kehadiran SMPN 4 ini. Sebab, sekolah SLTP itu sudah sangat lama kami mimpikan,” ungkap tokoh masyarakat Guntung Herman Gustaf dalam sambutannya saat peresmian Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 4 Kecamatan Bukik Barisan tersebut oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Rabu (18/1).

Diakui Herman, kehadiran sekolah baru itu sudah sangat lama ditunggu masyarakat. Masyarakat gembira karena kini tidak harus lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi ke sekolah atau biaya kost anaknya seperti yang selama ini dialami dengan menyekolahkan anak di di luar Kecamatan Bukik Barisan. “Kalau dulu kami harus merongoh kocek untuk ongkos atau biaya kost anak, sekarang pengeluaran itu tentu tidak ada lagi karena sekolahnya sudah ada di dalam kampung kami,” sela warga. Sementara itu Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya mengharapkan semua pihak di Bukik Barisan agar mendukung proses belajar dan mengajar serta menjaga dan merawat USB SMPN 4 Kecamatan Bukik Barisan tersebut. Bupati juga mengapresiasi pemillik lokasi yang rela menghibahkan tanahnya buat pembangunan sekolah itu.
prasasti
“Kita berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam pembangunan sekolah ini, terutama terhadap pemilik lokasi yang telah dengan rela menghibahkan tanahnya. Kalau di tempat lain sangat sulit mencari lokasi pembangunan sekolah, tapi di Banja Laweh warganya dengan sukarela menghibahkan tanahnya,” tutur Irfendi.

Irfendi mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat sekolah baru tersebut. Ia juga menghimbau para tamatan tingkat Sekolah Dasar di Nagari Banja Laweh dan sekitar tidak lagi menlanjutkan pendidikannya ke luar kecamatan, melainkan benar-benar memanfaatkan SMPN 4 yang berdiri di Jorong Guntung itu. “Kita ingin SMPN 4 ini melahirkan siswa berprestasi yang mampu bicara di tingkat Nasional. Karenanya, mari kita dukung proses belajar dan mengajarnya,” papar Irfendi sembari menegaskan Pemkab Limapuluh Kota sangat serius menangani bidang pendidikan.
Hal senada ikut dilontarkan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo. Ia juga berharap sekolah baru ini bisa menunjukan ciri khasnya dengan memiliki ekstrakurikuler seperti hafis Al’quran. “Kita sangat mendukung jika sekolah ini nantinya memiliki kegiatan tambahan seperti pendidikan hafis Al’quran,” ucap Syafaruddin.
Peresmian USB itu ditandai Bupati Irfendi dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti. Sebelumnya Ketua Pelaksana Pembangunan Erizon dalam laporannya mengakui pengerjaan USB ini merupakan yang tercepat dan terbaik dari 13 USB yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Pembangunan yang terdriri dari 6 ruang belajar, satu kantor, WC Siswa, Mushalla dan sejumlah sarana pendukung itu dibiayai APBN 2016 sebesar Rp2.066.576.000.
gunting pita2
Saat ini sekolah yang masih berstatus local jauh SMPN Kecamatan Guguak tersebut sudah memiliki siswa kelas 7 sebanyak 31 orang dan tahun siap menerima siswa baru sebanyak 64 orang. Siswa baru tersebut antara lain diharapkan datang dari 5 SDN yang ada di Nagari Banja Laweh. Ikut hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Radimas, S.Pd, Kepala Badan Kesbangpol Drs. Indra Nazwar dan sejumlah kepala OPD serta Muspika Bukik Barisan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here