BUPATI AKAN BUKA PACU BIDUAK SIMAWANG

0
58

Bukittinggi.dekadepos.com

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi direncanakan akan membuka loma Pacu Biduak Simawang 2017 yang akan diadakan di Dermaga Ombilin Danau Singkarak, Rabu (28/6). Lomba yang diadakan dalam rangka memeriah kan hari raya Idul Fitri 1438 H dan Pulang Basamo Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) se-Nusantara ini akan di ikuti oleh 40 orang peserta dari daerah salingka Danau Singkarak.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Simawang Saiyo, M. Nur Idris, untuk persiapan acara sudah dilakukan sejak sebulan yang lalu dan pani tia sudah siap untuk menggelar event pacu biduak yang diadakan setiap tahun dan dipastikan akan banyak menarik perhatian para pengunjung apalagi penye lenggaraan lomba kali ini bertepatan dengan kegiatan pulang basamo IKTD se-Nusantara.

“Secara umum panitia dan masyarakat sudah siap untuk melaksanakan lomba pacu biduk ini dan peserta sudah mendaftar sekitar 40 orang. Tahun ini dipastikan pengunjung yang melihat pacu biduk akan membludak karena di samping hari raya, penyelenggaraan ini bertepatan dengan acara pulang basa mo IKTD se-Nusantara. Jadi pengunjung dipastikan akan banyak namun panitia sudah mengantisifasinya” ujar M. Nur Idris.

Lebih lanjut anggota DPRD Kota Bukittnggi ini mengatakan, penyelengga raan pacu biduk ini akan memperebutkan piala bergilir dari sebuah perusahan ekspedisi Aison Ekpres Pekanbaru, Piala Bupati Tanah Datar, Piala IKTD dan Simawang Saiyo yang dibagi dua katagori perorangan dan ganda. Disamping piala, pemenang pacu biduak kali ini juga akan memperoleh hadiah uang tunai jutaan rupiah dari sponsor.

“Untuk lomba kali ini akan memperebutkan hadiah utama dari Aison Ekspres dan IKTD serta piala Bupati Tanah Datar. Disamping piala kepada peme nang juga berhak mendapakan hadiah uang tunai jutaan rupiah untuk katogori perorangan dan ganda. ” terang M. Nur Idris.

M. Nur Idris menambahkan, acara tahun ini diadakan untuk memeriah kan hari raya Idul Fitri dan Pulang Basamo IKTD. DPP Simawang Saiyo juga mengadakan acara Senam Massal dan Hiburan KIM yang diadakan satu hari penuh, mulai pagi dan malam hari.

“Jadi sebelum acara lomba Pacu Biduak, pagi hari itu diadakan kegiatan Senam Massal pukul 06.00 Wib dan pukul 09.00 Wib dimulai Pacu Biduk se mentara malam hari pukul 20.00 Wib diadakan hiburan KIM. Khusus senam massal dan hiburan KIM panitia menyediakan hadiah berupa TV, kulkas, mesin cuci, kompor gas dan ratusan hadiah hiburan lainnya” ujar M. Nur Idris yang didampingi oleh Wali Nagari Simawang E. Dt. Rajo Muyang dan sejumlah pani tia pacu biduak.

Sementara itu, Wali Nagari Simawang E. Dt. Rajo Muyang mengharapkan agar kedepan acara lomba pacu biduak ini dibuat secara permanen sebagai event kabupaten Tanah Datar. Ia berharap kegiatan pacu biduak bias menjadi kalender pariwisata kabupaten Tanah Datar, karena ini bias menjadi daya Tarik orang untuk berkunjung ke Danau Singkarak terutama nagari Simawang.

“Kami dari pemerintah nagari Simawang berarap kiranya Pemda Tanah Datar menjadikan pacu biduak sebagai egenda tahunan yang diadakan sebagai kegiatan Pemda Tanah Datar. Kami pemerintahan nagari akan mendukung penuh acara pacu biduak ini diadakan” ujar E. Dt. Rajo Muyang.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Anggota DPRD Tanah Datar , A. Sutan Tunaro. Anggota Fraksi PAN ini berharap kegiatan pacu biduk ini harus dipertahankan dan diadakan setiap tahun. Tentu saja Pemkab Tanah Datar dapat memberikan perhatian untuk penyelenggaraan kedepan dalam bidang anggarannya. Kata Tunaro, pacu biduak ini suatu kekhasanya buada Simawang dan salingka danai singkarak dan berbeda dengan kegiatan perairan lainya seperti kano atau pacu jalur dan dragon boat.

“Khusus nagari Simawang pavu biduak ini yang menjadi kekhususannya. Tidak sama dengan pacu jalur atau dragon boat dii tempat lain. Kalau nagari Simawang pacu biduak inilah yang diandalkan dan menarik perhatian pengunjung” ujarnya.(aldo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here