Bupati dan Ketua DPRD Hadiri Rapat Paripurna MKKS SMP Kabupaten Solok

0
62
Bupati Solok, H. Gusmal saat memberi arahan pada acara MKKS SMP Kabupaten Solok, bertempat di SMP 3 X Koto Singkarak, Sabtu (3/3)

SOLOK, Dekadepos.com

Bupati Solok H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM,  hari Sabtu (3/3), menhadiri acara Rapat Paripurna  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se Kabupaten Solok, yang diselenggarakan di SMPN 3 Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Selain dua tokoh utama Kabupaten Solok itu, tampak hadir pada acara tersebut antara lain Ketua TP PKK kabupaten solok , Ny. Hj. Desnadevi Gusmal, SH, Kabid Program Pendidikan,  Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Solok, Metrizal dan Para Kepala Sekolah peserta MKKS se Kabupaten Solok.

Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Solok, Metrizal, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan MKKS ini dilaksanakan dua kali dalam satu bulan dengan menghadiri guru sekolah negeri dan guru sekolah swasta serta para Kepala sekolah SMP di Kabupaten Solok. Disebutkannya, saat ini data guru honorer: di Kabupaten Solok sebanyak 380 Orang dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjumlah sebanyak 204 Orang. “Dalam kegiatan ini kita akan menyampaikan beberapa  item  seperti akan mengakses data tenaga honorer ke PGRI dengan menggunakan program exel,” jelas Metrizal. Selain itu, juga untuk membahas masalah sekolah berbasis pesantren yang siswanya dapat menghafal lebih kurang 5 juz serta penyeleksian sekolah swasta menjadi sekolah negeri.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE,  dalam arahannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan MKKS ini yang mana membahas tentang sekolah swasta menjadi sekolah Negeri. “Nanti insyaallah kami akan membahas masalah ini didalam sidang DPRD, serta akan kami akan mensurvai langsung ke sekolah swasta yang akan menjadi sekolah negeri. Kita juga meminta kepada Bapak Bupati untuk dimasukkan kedalam perubahan anggaran agar kami dapat membahas disidang DPRD,” jelas Hardinalis Kobal. Dia juga menyebutkan bahwa program ini termasuk kedalam Program 4 Pilar Pembangunan Kabupaten Solok .

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya berharap bahwa Program MKKS ini dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perkembangan jaman modern. “Setiap sekolah swasta maupun sekolah negeri dapat melaksanakan Try Out antar sekolah sampai tingkat nasional agar para siswa mengetahui kemampuannya masing-masing,” jelas H. Gusmal. Bupati berharap dengan adanya sponsor yang bisa menyampaikan masalah sekolah swasta menjadi sekolah negeri ke DPRD. Bupati juga berharap agar masalah sekolah umum berbasis pesantern yang ada satu disetiap kecamatan agar mendapat dukungan penuh dari DPRD. “Kami juga berharap agar fungsi guru bukan hanya sekedar mengajar, tetapi juga bisa sebagai pendidik dan perlu koordinasi antara sekolah dengan orang tua,” pungkas Gusmal (Jarbat)