Bupati Irfendi Arbi: “KAN dan Bundo Kanduang Diminta Bina Anak Kemenakan”

0
81
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, kukuhkan pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Batu Payuang

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi kukuhkan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang Batu Payuang periode 2017-2022, sekaligus acara peresmian taman Kanak-kanak Pertiwi II Batu Payuang, di halaman Balai Kandikie, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Senin (22/1).

Pengukuhan pengurus KAN tersebut, dihadiri Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Sastri Andriko Dt Putiah, unsur Forkopimda, kepala OPD, Camat Lareh Sago Halaban, Elfi Zein, Walinagari, Kepala Jorong, puluhan Niniak Mamak, Ketua LKAAM l, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan anak kemenakan nagari Batu Payuang.

Dalam laporan panitia, Dt Marajo Sindo mengatakan adapun dana kegiatan pengukuhan tersebut bersumber dari dukungan iuran dari Niniak mamak Batu Payuang, partisipasi sumbangsih masyarakat, bantuan dari anggota DPRD, dengan jumlah anggaran sebanyak anggara Rp. 23 juta.

Pengurus KAN Nagari Batu Payuang yang dikukuhkan.

Lebih jauh diungkapkan, pelantikan pengurus KAN Batu Payuang ini sebenarnya sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2017 lalu, dan sudah diserah terimakan kepada pengus yang baru.

“Acara pengukuhan sekarang hanya seremonial, sebab pengukuhan sudah dilaksanakan Maret lalu. Adapun tujuan acara ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa sudah dikukuhkannya Pengurus KAN yang baru di Kenagarian Batu Payuang,”ucapnya.

Dari hasil musyawarah diperoleh kesepakatan KAN Batu Payuang period e 2017-2022 dipimpin oleh Aiga Putra Dt. Sinaro, menggantikan Plt Sy. Dt Nan Bungsu. Sedangkan kepengurusan Bundo Kanduang Nagari Batu Payuang ketuai oleh Mirna Sastri.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada pengus KAN Nagari Batu Payuang yang telah dikukuhkan.

Bundo Kanduang Nagari Batu Payuang yang dikukuhkan.

” Saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Limapuluh Kota mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang telah dikukuhkan,” ujarnya.

Selanjutnya, Irfendi me­minta pengurus KAN Batu Payuang yang sudah dilantik, agar mampu bersinergi dengan pemerintah dalam upaya membangun Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih madani. Sesuai dengan azas adat Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Menurutnya pemerintah bersama unsur Kerapatan Adat Nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya di Kenagarian Batu Payuang, bisa bersama-sama membina anak kemenakan menjadi generasi penerus yang bisa dian­dalkan, baik dari segi aklak maupun segi ilmu.

“Kita berharap, pelantikan pengurus KAN bukan hanya sebagai acara formalitas semata. Dimana setiap periode terus berganti kepengurusannya, tanpa ada perubahan dalam menata kehidupan adat istiadat di lingkungan nagari. Pengurus KAN harus bisa membina anak kemenakan sesuai dengan adat Minangkabau. Banyak anak kemenakan kita saat ini telah jauh melen­ceng dari norma-norma adat yang kita pegang, harus diubah bersama,” ucap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati mengingatkan pengurus KAN dan Bundo di Nagari Batu Payuang untuk langsung bekerja dan membuat program kerja.

“Untuk penguruskan yang telah tepilih diharapkan agar segera untuk membuat program kerja dan langsung bekerja untuk kesejahteraan dan memajukan daerah kita,”pungkasnya. (est)