Bupati Irfendi Arbi Tinjau Abrasi Batang Sinamar yang Mengancam RSUD Suliki

0
26

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Aliran Batang Sinamar yang terus mengerus tanah tebing yang berada di belakang rumah RSUD dr. Achmad Darwis di Suliki, mendapat perhatian serius dari Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi.

Buktinya, baru-baru ini, Bupati Irfendi Arbi langsung turun melakukan peninjau ke lokasi dan meminta pihak teknis terkait, segera membuat program untuk menanggani ancaman abrasi yang bisa membahayakan RSUD dr. Achmad Darwis.

Jika ancaman abrasi Batang Sinamar ini tidak segera ditangani, ungkap Bupati Irfendi Arbi, ada kekhawatiran pengikisan tebing semakin meluas dan tidak tertutup kemungkinan akan mengancam keberadaan RSUD dr. Achmad Darwis Suliki.

Abrasi Batang Sinamar ancam rumah sakit Suliki ditinjau Bupati

Bupati Irfendi Arbi mengakui, ancaman abrasi batang Sinamar yang hanya berjarak sekitar 20 meter dari pagar bagian belakang  RSUD dr. Achmad Darwis Suliki itu akan segera ditindal lanjuti.

“Agar pengikisan tebing tidak terus terjadi lagi, maka langkah yang akan diambil oleh pihak teknis adalah melakukan normalisasi sungai, baik memasang kawat beronjong termasuk meluruskan arus sungai yang berbelok menghantam sisi tebing yang berada di belakang RSUD dr. Achmad Darwis Suliki,” sebut Bupati Irfendi Arbi.

Sebelumnya, direktur RSUD dr. Achmad Darwis Suliki, dr. Muryani Dhatri didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Logistik, Ibnu Mardahillah, mengaku sangat was-was atas terhadap ancaman abrasi Batang Sinamar tersebut.

“Apalagi jika musim tiba, pengerusan tebing Batang Sinamar benar-benar sangat mengkhawatirkan. Hasil pengamatan kami, pengerusan tebing sungai sangat cepat. Bayangkan, sampai saat ini gerusan tebing hampir 20 meter dari keadaan normal. Intinya, jika abrasi ini terus bertambah, kita khawatir aset rumah sakit seperti teravo, gudang B-3 serta IPAL akan terbawa arus,” ungkap Ibnu Mardahillah.

Terkait kekhawatiran ini, ujar Ibnu Mardahillah, pihak RSUD dr. Achmad Darwis Suliki, sudah mengirimkan surat kepada Bupati Limapuluh Kota untuk segera menanggulangi ancaman abrasi sungai Batang Sinamar tersebut. (esa tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here