Bupati Limapuluh Kota, Ir. Irfendi Arbi MP

0
13
Ir. Irfendi Arbi MP
Ir. Irfendi Arbi MP

“Dikenal Dekat Dengan Rakyat Jelata, Rajin Turun Bantu Rakyat Miskin”

Limapuluh Kota, DekadeposSejak dilantik pada 17 Februari 2016 lalu, Ir. Irfendi Arbi M.P resmi jabat Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 2016-2021.Dia bukanlah sosok baru di Kabupaten ini. Sebelumnya, pria kelahiran 20 April 2016 putra asli Koto Tangah Simalanggang ini pernah menjabat sebagai wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 2005-2010. Setelah habis jabatan sebagai wakil bupati, Irfendi Arbi kembali mencalonkan diri pada pilkada periode 2010-2015, saat itu pada putaran pertama dirinya berhasil memperoleh suara terbanyak namun kalah selisih dengan pasangan Alis Marajo-Asyrwan Yunus pada putaran kedua.

Kini dalam pilkada 2015-2020 Irfendi Arbi dipercaya masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota menjadi orang nomor satu didaerah itu. Tujuh Bulan setelah dilaktik, sosok Irfendi sangat dikagumi masyarakat setempat. Buktinya dalam berbagai pertemua ke nagari –nagari yang ada di daerahnya tak sedikit masyarakat yang berburu hanya untuk sekedar berfoto dan berjabat tangan dengan Bupati yang terkenal dengan kesederhanaannya ini.

Hal itu tidak terlepas dengan sikap rendah hati dan jiwa penolong dari seorang Irfendi Arbi, pasalnya sejak terpilih menjadi Bupati dirinya gencar mengunjungi kampung-kampung terpencil yang ada di Kabupaten Limapuluh kota. Bahkan, irfendi juga sering membantu rakyat miskin yang ada di Kabupaten itu.

Berbagai kegiatan social secara diam-diam sering dilakukannya. Diantaranya, membantu warga miskin korban kebakaran di Jorong Taratak Nagari Kubang, Kecamatan guguak, membantu seorang warga Kubang Rasau, Kecamatan Lareh Sago Halaban, membantu seorang korban tabrak lari yang sudah dua tahun bertahan hidup dengan batok kelapa ternganga, hebatnya Irfendi juga membawa anak tersebut berobat ke rumah sakit untuk langsung di operasi.

Merehab rumah-rumah yang tidak layak huni di Kabupaten Limapuluh Kota, memberikan kursi roda kepada warga miskin penderita cacat kaki,serta berbuka puasa dirumah warga tidak mampu yang berada di Jorong Tanjuan Haro Selatan, Nagari Tanjuang Haro Padang Panjang Sikabu-kabu, Kecamatan Luak.

Hebatnya lagi, setelah berbuka puasa di rumah warga miskin itu Irfendi tidak langsung pergi meninggalkan masyarakat didaerah itu, setelah mendengar adanya bocah penderita tumor yang kepalanya terus membesar di kenagarian itu dirinya langsung menyambingi kediaman orang tua bocah malang tersebut.

Membantu warga miskin penderita Tumor, Syukur Azila(12) warga Tabek Andang, Jorong Tanjuang Haro Utara, Nagari Sikabu-kabu. Tidak hanya itu, tak tega melihat bocah penderita tumor itu menderita penyakitnya Irfendi Arbi intruksikan anak buahnya agar langsung membuat rekening khusus demi membantu bocah ini, berkat rekening yang di buat walinagari setempat atas perintah Irfendi kini bantuan dan dari berbagai pihak mengalir ke rekening tersebut.

Selain itu Irfendi juga gencar membantu warga miskin penderita ganguan mental, tidak sedikit korban gangguan mental akibat terhalang biaya pengobatan terpaksa dipasung pihak keluarga, satu-satu persatu dilepaskannya dan dikirim ke Rumah sakit Jiwa di Padang.

Diantaranya, pelepasan rantai yang membelenggu kaki Rudi Hartono, warga Sikabu-kabu, Tanjuang Haro, yang telah 20 tahun lebih mengalami gangguan jiwa, saat itu juga Irfendi Arbi mengirim Rudi Hartono ke Rumah sakit jiwa Prof HB Saniin padang.Pelepasan pasung Desni, warga Batu Balang Kecamatan Harau yang telah 25 tahun mengalami gangguan kejiwaan, hebatnya setelah dibantu Irfendi terkait pengobatan, saat ini kondisi Desni sudah mulai membaik bahkan sudah dapat bekerja layaknya orang biasa.

Bahkan untuk menunjukan kepeduliannya terhadap warga miskin dan penyandang masalah social. Irfendi Arbi berusaha mengumpulkan dana non APBD buat membantu warga yang kurang beruntung tersebut, salah satu upaya yang sangat terkesan oleh masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota adalah ketika Irfendi Arbi mengalang dana untuk warga miskin dengan meluncurkan album Minang ciptaannya yang dinyanyikan artis pop minang Ratu Sikumbang. Sikap rendah hati, bersahabat dan pro rakyat itulah yang saat ini sosok Irfendi Arbi dikenal masyarakatnya***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here