Bupati Sikat Gigi Bersama Ribuan Murid SD

0
82

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi mengikuti Sikat Gigi Masal di Lapangan Sepakbola Kayu Nan Tigo, Koto Tuo Kecamatan Mungka, Senin (20/3) Pagi bersama ribuan Murid Siswa Dasar (SD), hal tersebut dilakukan Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anak serta mengintegrasikan Empat kebiasaan baik kepada pelajar. Kegiatan yang digagas Persatuan Dokter Gigi Seluruh Indonesia (PDGI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota itu dalam rangka perayaan 20 Tahun World Oral Health Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Mulut Dunia tahun 2017.

“ Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar pengurus PDGI, ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk itu, saya ucapkan  terimakasih kepada seluruh dokter gigi yang telah mengajak anak-anak kita hidup sehat”ujar Bupati ketika membuka secara resmi kegiatan yang bertemakan  ‘Hidup Sehat dan Pintar dengan Mulut yang Sehat’ ini.

Dalam kegiatan itu, Bupati juga mengajak ribuan siswa SD serta masyarakat yang hadir agar selalu memperhatikan kesehatan mulut sejak dini, karena kesehatan mulut itu akan menimbulkan rasa kepercayaan diri yang tinggi terhadap pribadi masyarakat. Menurutnya,  orang-orang yang akan sukses itu tidak terlepas dari mereka yang rajin menjaga kesehatan mulut.

Bupati Irfendi Arbi melepas Balon pertanda diresmikan acara WOHD

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat terutama Organisasi Profesi PDGI agar terus gencar mensosialsisikan kesehatan gigi dan mulut ke tengah-tengah masyarakat khususnya terhadap pelajar. Pada kesempatan itu, Bupati juga mengadakan kuis kepada peserta yang hadir dan memberikan hadiah bagi pelajar yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan Bupati. Sementara itu, Ketua PDGI Payakumbuh- Limapuluh Kota, drg. Muhammad Fadlan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk peningkatan pengetahuan kepada pelajar,terhadap kesehatan gigi dan mulut, serta meningkatkan peran orang tua mengajak anak menjaga kesehatan mulut. Serta sebagai bentuk bukti peran Pemerintah Daerah dan organisasi profesi dalam menjaga kesahatan gigi dan mulut pelajar SD.

“Perayaan hari kesehatan mulut dunia (WOHD) ini akan memberikan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut  sejak dini kepada masyarakat, acara ini diselengarakan secara serentak di Seluruh Indonesia tanggal 20 Maret ini” ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia Acara WOHD, drg. Yone Akdes melaporkan kegiatan yang digagas PDGI ini bekerja sama dengan perusahan Unilever Indonesia serta Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota,diantaranya Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan serta unsur muspika lainnya. “ Ini dalam rangka mengintegrasikan 4 kebiasaan baik kepada pelajar dalam menjaga kesehatannya, Empat kebiasaan baik itu yakni dengan rutin menyikat gigi pagi dan malam, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, wajib mengkonsumsi makanan bergizi dan meminum air bebas kuman” ujarnya.

Ikut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limpuluh Kota, Deni Asra, Ketua PKK setempat, Ny Monalisa Irfendi Arbi, Kepala Dinas Pendidikan, Radimas, Kepala Dinas Kesehatan, Dr Tien Suptino, Kepala BPJS Limapuluh Kota,Dahidin, anggota PDGI cabang Limapuluh Kota, serta puluhan undangan lainnya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here