Cegah Pungli, Pemko Payakumbuh Sosialisasi Pencegahan

0
127

Payakumbuh, Dekadepos.com

Memberikan pemahaman kepada seluruh anggota unit satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tentang saber pungli, pemerintah melalui Inspektorat kota Payakumbuh menggelar acara sosialisasi pencegahan dan penghapusan pungutan liar di Aula lantai III Balaikota Bukik Sibaluik, Senin (28/8). Kegiatan yang bertema Mari Bersama Kita Sapu Bersih Pungli, dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi. Yang turut dihadiri pula Plh. Sekretaris Daerah, Amriul Dt. Karayiang, Forkopimda, pimpinan OPD, camat, hadirin dan undangan lainnya.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Inspektorat atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini. Dan berharap tindak lanjut dari kegiatan ini akan menambah wawasan dan profesionalisme unit satgas saber pungli kota Payakumbuh dalam rangka meminimalisir dan mengantisipasi perbuatan yang tidak baik ini di segala lini”, ujar Riza Falepi.

Dikatakan Wako Riza, komitmen yang kuat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap pemberantasan pungli ini akan menjadi ujung tombak dalam pemerintahan yang bersih, bebas pungli. “Pada prinsipnya komitmen yang kuat dari ASN perlu dimulai dengan perubahan pola pikir dan perilaku, karena seberapa bagus pun regulasi yang ada tanpa didukung oleh pola pikir dan perilaku ASN yang baik tidak akan memberikan perubahan yang berarti dalam pemberantasan pungli”, kata Wako Riza.

Kemudian Walikota Riza dalam kesempatan tersebut, juga menghimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti acara sosialisasi dengan baik dan bersungguh-sungguh. “Kepada peserta sosialisasi saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik. Sehingga dapat dilaksanakan di lingkungan OPD masing-masing. Sehingga dari apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud dengan baik, yaitu kota Payakumbuh yang bebas dari pungutan liar”, harap Riza.

Sementara itu, Inspektur kota Payakumbuh, H. Syahrial mengaku bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar peserta mengetahui bahwa pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan. “Pungutan liar telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu pemberantasan secara tegas, terpadu, efisien dan efektif serta mampu menciptakan efek jera kepada para pelaku dan menjadikan Payakumbuh sebagai good governance yang bebas dari pungutan liar”, ujar Syahrial.

Kegiatan sosialisasi saber pungli ini diikuti oleh kepala OPD, Camat dan anggota satgas saber pungli kota Payakumbuh. Sedangkan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut terdiri dari Wakapolres, Eddirsa, Kapten Kusmianto selaku Pasi Intel Kodim 0306 Lima Puluh Kota, plh. Kejaksaan Negeri, Andre Abraham dan Inspektur kota Payakumbuh, Syahrial. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here