Ciloteh Tanpa Suara (MEMILIH CALON SUAMI)

0
41
Ciloteh Tanpa Suara-“saya sangat tertarik membaca ciloteh tanpa suara “melunakan hati seorang gadis” https://www.facebook.com/notes/saiful-guci/melunakan-hati-seorang-gadis/1588002551218059/
untuk itu saya memberanikan diri juga curhat sama Ayah, ohya izinkan Yulia Rahma memangil pak Saiful dengan Ayah , karena saya tau anak bapak seumuran dengan saya yakni 28 tahun, saya punya persoalan dengan umur telah 28 tahun ini, belum juga ada keberanian untuk menikah, karena melihat kakak Yulia yang hanya 2 tahun menikah setelah punya anak satu bercerai, melihat pengalaman dari kakak Yulia itu, menyebabkan Yulai sangat sulit dan berhati-hati memilih seorang lelaki untuk menjadi suami, bukan tidak ada orang yang mau tetapi menentukan pilihan ini yang sulit, makanya Yulia memberanikan diri curhat sama Ayah “ tulis Yulia Rahma di kotak percakapan.
“ Silakan saja panggil Ayah, dizaman ayah bujang dulu apabila berpapasan dengan seorang gadis dia akan mengangkat selendangnya kewajahnya sambil mempercepat jalannya, sopan santun dan inilah yang membuat hati berdenyut untuk mendapatkannya, tersingkap betisnya sedikit telah “ sintak badanyuik”, tetapi sekarang semuanya serba terbuka, memakai jilbab tetapi mempertontonkan bagian dadanya atau Jilboob, tidak lagi suatu hal menarik hati hanya menimbulkan nafsu.
Nah Ayah ingin bertanya sama Yulia. Apakah kamu suka berpakaian rapi apabila keluar rumah dan barang-barang didalam kamarmu tersusun rapi diletakan pada tempatnya, atau suka keluar rumah dengan apa adanya dan kamarmu sering berantakan, silakan Yulia Jawab “ balas saya.
“ wah.. inilah kesukaan Yulia. Berpakaian apa adanya apabila berpergian yang tidak ribet memakainya.. kamar Yulia yaa sering berantakan, karena kesibukan banyak dipusatkan dikamar “ balas Yulia
“ nah kalau begitu, Yulia tipe orang yang santai, penuh dengan tindakan impulsif dan fleksibel. Kalau begitu , kamu akan menyukai pasangan yang humoris tidak mudah panik dan juga tidak mudah marah. Sementara apabila kamu orang yang rapi, berarti kamu adalah orang yang disiplin, ambisius, memiliki perencanaan yang baik dan juga pekerja keras. Pasangan yang cocok untu cewk seperti adalah yang dapat memfasilitasi dan memotivasi untuk meraih target-target hidupmu, pilih saja diantara lelaki yang ada humoris dan tidak pemarah , pasti cocok “ balas saya.
“ oh begitu Ayah, Yulia juga orang yang suka berteman dan suka rame “ tulis Yulia
Kemuadian saya bertanya “ pernah diputuskan pacar ?”
“pernah” jawab Yulia Singkat
“ apa sikapmu, apakah selalu curhat dengan keluarga maupun sahabat atau mengurung diri di kamar dan menangis semalaman ? ujar saya.
“ tentu saja, curhat dengan keluarga atau temanlah Ayah, untuk apa mengurung diri “ balas Yulia.
“ Nah , berarti kamu suka lelaki yang tidak perantau atau bekerja jauh, kamu membutuhkan pasangan yang selalu ada untuk mendengarkan keluh kesahmu. Beda dengan gadis apabila diputuskan pacarnya dia akan menagis dan mengurung diri dikamar semalaman, maka dia akan berbahagia untuk menjalani segala sesuatunya seorang diri. Dia membutuhkan pasangan yang tidak mengekang bisa saja dia perantau atau lelaki yang pekerjaan dikota lain atau tidak sekota bahkan pelaut” balas saya.
“ wah… yang banyak datang lelaki yang bekerja lain kota Ayah” Jawab Yulia
“ Nah berarti , lelaki tersebut akan menjadi masalah bagimu dikemudia hari, karena bukan tipemu. Ohya. Yulia dalam pergaulan , mana yang suka teman yang cuek dan penghibur dan tidak mencari masalah atau teman yang suka mengkritik dan memberikan nasehat terhadap sikat dan sifatmu” jawab saya.
“ saya lebih suka yang suka teman yang mengkritik dan memberikan nasehat bukan yang cuek saja” tulis Yulia
“ berarti kamu tipe gadis yang cenderung hati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain. Kebalikannya apabila suka teman yang cuek dan tidak banyak membuat masalah, tipe ini adalah orang yang tidak suka pamrih dalam menolong orang lain, mau berkompromi jika ada perbedaan pendapat, serta cenderung positif dalam memandang suatu masalah.”Tulis saya.
“ wah banyak ilmu yang dapat dari Ayah…” tulis Yulia
“ nah ini ada cerita: Si Lina berpacaran dengat Mamat tempat tinggal mereka dihalangi oleh sebuah sungai yang besar. Pada suatu hari Lina mendapat kabar bahwa si Mamat sakit keras, maka Lina mendatangi Pendi untuk membantunya menemui Mamat, tetapi si Pendi sangat sibuk dan dia menyarakan Pergilah bersama Wawan dan bawalah perahu saya. Lina menemui Wawan untuk mengantarkan ke tempat Mamat, tetapi apa jawab Wawan, “ saya bersedia mengantarkan Lina ke tempat Mamat dengan perahu Pendi tetapi Lina harus tidur semalam dengan Saya”. Menghadapi persolan ini, Lina mengunjungi Abdullah tokoh agama di kampungnya untuk mencari solusinya , tetapi Abdullah hanya memberikan saran “ tanyai hati nuranimu, apabila benar menurut hatimu, maka ikuti. Dan apabila tidak benar menurut hatimu, jangan ikuti. Singkat cerita Lina pergi juga dengan Wawan. Setelah Lina bertemu dengan Mamat dan memberikan motivasi Mamat sembuh dan mereka sepakat untuk menikah. Sebelum hari pernikahan datang, si Lina berterus terang kepada si Mamat bahwa dia tidak perawan lagi, karena diserahkannya untuk berjuang menemui dan untuk mendapatkan Mamat.
Nah dalam persoalan ini Yulia harus jawab : Siapa yang paling salah, Siapa yang salah, siapa yang netral, siapa yang benar dan siapa yang paling benar. Urutkan namanya dengan menjebutnya alasannya” ulas saya.
“ pilihan yang sulit,tapi akan saya coba jawab yang paling salah Wawan kenapa dia tega berbuat sama temannya Lina , yang salah adalah Lina kenapa dia mau berkorban, yang netral si Mamat, yang benar adalah Pendi dan yang paling benar adalah Abdullah …. Hehehe apakah pertanyaan ini tidak menjebab pak” Jawab Yulia.
“ hehehe, Lina adalah lambang dari Cinta yang mau berkorban apa saja demi cinta, Pendi adalah lambang pendidikan yang selalu sibuk demi cita-cita, Wawan adalah lambang wajah yang selalu menipu untuk mengambil kesempatan, Mamat adalah lambang materi atau harta dimana orang akan menemuinya dengan mengorbankan apa saja yang dapat dikorbankannya demi mendapatkan materi atau harta. Sementara Abdullah alah lambang Agama.
Nah berarti dalam mencari calon jodohmu, kreterianya adalah : pertama wajah yang ganteng, kedua rasa Cinta, Materi harus mapan, dengan pendidikan tak perlu tinggi dan agama urusan belakangan “ tulis saya.
“ hehehe. Ayah Saiful Guci ada ada saja “ tulis Yulia Rahma.
“ saran ayah hanya satu “ jika engkau harus memilih, pilihlah pilhan yang mendekatkan engkau kepada Allah” tulis saya.
“ akan saya ingat Ayah, dan terimaksih..selamat malam ” tulis Yulia Rahma
Pulutan 7 Juli 2017- Saiful Guci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here