CPNS Tenaga Honorer Ikuti Diklat Pra Jabatan

0
151

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sebanyak 54 calon Pegawai Negeri Sipil dari Tenaga Honorer Kategori II di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti Diklat Pra Jabatan. Diklat tersebut dibuka Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Benni Warlis,  bertempat di Aula SKB Payakumbuh di Padang Alai, Payakumbuh Timur,  Selasa (14/11). Turut hadir Kepala Badan Pemberdayaan SDM Provinsi Sumbar Rosman Effendi, Plt. Kepala BKPSDM Kota Payakumbuh Dafrul Pasi, BNN Kota Payakumbuh, serta sejumlah Kepala OPD dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Setdako menyampaikan, salah satu syarat diangkatnya status calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil, harus mengikuti dan lulus pendidikan dan latihan Prajabatan. Sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara nomor 5 tahun 2014, tepatnya Pasal 64 ayat 1 dan 2. “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pola pikir, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan Pemerintahan Negara, Bidang Tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” kata Setdako.

Kemudian, Setdako juga menegaskan, para peserta yang mengikuti diklat pra jabatan ini untuk dapat mengikuti diklat ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan mengambil ilmu-ilmu yang bermanfaat yang diberikan oleh Fasilitator. “Diharapkan, diklat ini bukan hanya berupa seremonial saja, tanpa ada hasil maupun perubahan pada diri peserta diklat. Memang, sebelumnya peserta telah mengetahui seluk beluk dan pengalaman di dalam dunia kerja sebagai PNS. Namun, setelah mendapatkan diklat singkat ini, hendaknya para peserta bisa membawa perubahan dalam dunia kerjanya. Biasakanlah bekerja dengan benar, bukan membenarkan yang sudah biasa,” ungkap Setdako lagi.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Dafrul Pasi, dalam laporannya menjelaskan,  diklat ini diikuti oleh 54 orang CPNS. Mereka berasal dari 46 tenaga kesehatan dan 8 orang tenaga Penyuluh Pertanian. Sebanyak 2 orang dari golongan III dan 52 orang dari Golongan II. Para peserta dibagi dalam 2 angkatan yang masing-masing berjumlah 27 orang. Angkatan I akan mengikuti diklat dari tanggal 14 – 20 November, sedangkan angkatan II dari tanggal 21 – 27 November 2017. “Para peserta ini merupakan CPNS yang diangkat dari honorer kesehatan dibawah Dinas Kesehatan dan honorer Penyuluh Pertanian dibawah Dinas Pertanian Payakumbuh. Mereka diangkat menjadi CPNS terhitung mulai tanggal (TMT) April dan Juni 2017. Mudah-mudahan para peserta dapat mengikuti diklat ini dengan membawa hasil yang positif,” tutup Dafrul. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here