Di 50 Kota, Menpan : Perbaiki Mental Aperatur dan Pelayanan Publik

0
12

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Menteri Pendayagunaan Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, mengatakan pemerintah daerah perlu melakukan revolusi mental Aperatur dan meperbaiki pelayan publik dalam meningkatkan perkembangan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah. ” Seluruh Aperatur Sipil Negara perlu melakukan perubahan budaya kerja terhadap revolusi mental Aperatur”ujarnya saat menggelar audiensi dengan Bupati  Irfendi Arbi dan jajaran ASN di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (29/4) kemarin. Dikatakannya, dalam perubahan budaya kerja itu, masing-masing pihak harus mengubah tata cara pelayanan terhadap masyarakat, mulai dari sisi perilaku para petugas, pegawai, dan pejabat, dengan memiliki prilaku standar terhadap pelayan masyarakat. ” Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem pelayanan publik”ujarnya

Hal itu, dimulai dari menunjukkan sikap keramahan dalam pelayan publik, diantaranya tersenyum, ketulusan, kepekaan, kedisiplinan, fokus, selalu mendengar,  serta sikap menghormati. “Kita harus robah birokrasi, jika hal ini diterapkan, saya yakin kedepan daerah ini akan maju dan berkembang”ujarnya.

Selain itu, seluruh pejabat yang bertugas di Kabupaten itu juga diminta memperbaiki kinerja. Menurutnya, setiap pegawai  harus memiliki tugas yang jelas, sehingga setiap pegawai dapat memberikan kontribusi kinerja pada unit kerjanya dan pada masyarakat.” kita jangan lagi hanyut dengan rutinitas, sebagai pemegang kewenangan anda adalah motor pemerintahan dalam memajukan daerah ini” tambahnya. Seluruh jajaran pimpinan harus aktif memimpin perubahan, pimpinan OPD tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan kepadanya, tetapi harus bekerja keras mencari terobosan mewujudkan target-target yang diberikan, serta memimpin seluruh stafnya untuk bekerja dalam tim.” Kepada pejabat mumpung lagi dikasih amanah, dikasih jabatan jangan tanggung dalam memperlihatkan kinerja masing-masing, jadikanlah ini sebagai kekuatan dalam meningkatkan kesehjatraan masyarakat”ujarnya.

Aktiflah dalam mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat, serta terus-menerus mencipatkan inovasi untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh unit kerja. ” kunci dari kemajuan negeri ini terletak pada ASN, jika ASN tidak bergerak pasti tidak akan bisa negeri ini maju”tambahnya, MenPAn-RB juga meminta, masing-masing OPD bersinergi dalam mewujudkan target-target pembangunan, Seluruh OPD harus bekerja sama dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya. Menurutnya, satu langkah yang dilakukan OPD tertentu akan memperkuat langkah yang akan dilakukan oleh OPD yang lain.

“Untuk membangun pemerintahan yang bersinergi, memang semua jajaran pimpinan harus menyingkirkan sikap ego sektoral, menghormati peran OPD lain, dan mengedepankan kepentingan publik”ungkapnya.

Selain itu, Asman Abnur juga mewanti-wanti Pejabat dalam melaksanakan kegiatan benar-benar melaksanakan kegiatan sesuai dengan program. Dikatakannya, cukup mudah untuk menentukan Pemerintahan atau OPD yang  melaksanakan program tidak sesuai dengan aturan. Hal itu bisa dilahat dari evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Dikatakannya, hingga kini tercatat sebanyak 392,87  Triliun anggaran pemerintahan tidak termanfaatkan dengan baik, anggaran tersebut dikuncurkan  dalam bentuk kegiatan, namun tidak sesuai dengan program yang disusun. Menurutnya, hal itu terjadi akibat tidak jelasnya hasil yang akan dicapai atau tujuannya tidak berorientasi pada hasil, ukuraan kerja yang tidak jelas, dan tidak adanya keterkaitan antara kegiatan dengan sasaran serta rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan. “Untuk itu, kita harus memperbaiki kinerja dalam memperbaiki anggaran dan kegiatan ini. Ciptakanlah inovasi-inovasi terbaik, jika kita semua serius melaksanakan ini, saya yakin Limapuluh Kota akan menjadi percontohan Nasional kedepan,” Pungkasnya. . (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here