Di Payakumbuh, 14 Hari Gelar Razia, Ribuan Surat Tilang Diterbitkan, Ratusan Kendaraan “ Dikandangkan”

0
98

Payakumbuh, Dekadepos.com

Empat belas hari digelarnya Operasi Zebra tahun 2017, Satuan Lalulintas Polres Payakumbuh menerbitkan/mengeluarkan Surat Tilang sekitar 1014 Surat Tilang, selain itu Satlantas Polres Payakumbuh dibawah Komando Kasat Lantas Iptu. Yudi Satria serta KBO, Satlantas, Ipda. Imam Teguh juga “ Mengkandangkan”/menahan sekitar 420 unit Kendaraan Bermotor (Ranmor) Roda Dua (R2) berbagai merek. Mereka yang ditilang karena melakukan pelanggaran lalulintas didominasi oleh mereka yang berusia 21 hingga -25 tahun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dalam rangka menciptakan ketertiban, keamanan, kenyamanan dan kesadaran serta kelancaran berlalulintas, jajaran Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Payakumbuh akan menggelar Operasi Zebra selama 14 hari terhitung sejak tanggal 1 sampai 14 Nopember 2017. Operasi Zebra 2017 tersebut digelar secara serentak seluruh jajaran Satlantas yang ada di tanah air. Operasi Zebra 2017 dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi aman, nyaman serta mendukung kesadaran masyarakat dalam berlalulintas. Baca : http://www.dekadepos.com/polres-payakumbuh-gelar-operasi-zebra-2017-kapolres-abkp-kuswoto-patuhi-undang-undang-lalulintas/

Kedepan, Untuk menghindari terjadinya penindakan terhadap pelanggar berlalulintas, Kasatlantas Iptu. Yudi Satria, menghimbau seluruh masyarakat pengendara kendaraan bermotor baik roda empat dan roda dua, untuk melengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraannya. Sebab Keselamatan berlalulintas adalah tanggungjwab bersama, untuk itu mari kita patuhi kesadaran berlalulintas. Termasuk memeriksa kelengkapan dan surat-surat kendaraan, serta selalu berhati-hati. Patuhi peraturan Lalulintas saat berkendara.

Salah seorang pengendara roda dua ketika ditindak oleh Anggota Satlantas Polres Payakumbuh yang melakukan Operasi Zebra tahun 2017 dengan cara Hunting.

“ Pasca Operasi Zebra yang kita gelar sejak tanggal 1 November lalu, memang berdampak dengan peningkatan masyarakat yang mengurus SIM. Tentu hal ini cukup positif, sebab mereka yang akan berkendara dengan telah memiliki SIM dinilai telah mampu membawa kendaraan. Dalam Operasi Zebra tahun ini, Satlantas Polres Payakumbuh menerbitkan ribuan Surat Tilang, dan menahan ratusan kendaraan dengan berbagai pelanggaran. Hingga hari ini (Rabu.red) masih ada ratusan kendaraan yang belum dijemput oleh pengendaranya”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto didampingi Kasat Lantas Iptu. Yudi Satria, KBO, Satlantas, Ipda. Imam Teguh serta Paur Humas Polres Payakumbuh, Aiptu. Hendri Ahadi, Rabu sore (15/11).

AKBP. Kuswoto juga menambahkan, Operasi Zebra yang digelar dengan cara Stationer (Ditempat) dan Hunting (Berjalan/berkeling sambil Patroli.red) selain berdampak pada meningkatnya jumlah warga yang mengurus SIM, juga berdampak pada menurunnya angka Kecelakaan Lalulintas selama dua minggu Operasi digelar. “ Memang Operasi Zebra cukup berdampak pada kesadaran masyarakat mengurus SIM. Dan menekan angka Kecelakaan lalulintas.

KBO, Satlantas Polres payakumbuh, Ipda. Imam Teguh, saat memberikan arahan sebelum digelarnya Operasi/razia gabungan.

Dari ribuan surat tilang yang diterbitkan tersebut, pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara adalah, Tidak memakai helm saat berkendara, tidak memiliki SIM serta tidak adanya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ipda. Imam Teguh, KBO Satlantas Polres Payakumbuh

Dahlia (40) salah seorang pengendara ketika mengurus SIM di Polres Payakumbuh Kawasan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat, mengatakan bahwa ia memang sengaja mengurus SIM karena operasi Zebra yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Sebab dengan memiliki SIM dan melengkapi surat-surat kendaraan, ia merasa aman dan nyaman saat berkendara. “ Saya selama ini memang tidak memiliki SIM, sejak digelarnya Operasi Zebra, saya merasakan bahwa sangat penting untuk memiliki SIM dan melengkapi surat-surat serta kelengkapan kendaraan. Sehingga tidak perlu lahi takut dan was-was saat bepergian dengan kendaraan”. Ucap Ibu dua Anak itu. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here