Diduga Mengandung Cacing, 88 Dus Ikan Kaleng Diamankan Di Payakumbuh

0
255

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sekitar Delapan Puluh Delapan Dus Ikan Kaleng yang diduga mengandung Cacing diamankan/disegel Oleh Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan Kota Padang didampingi Petugas Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dalam Razia yang dilakukan Jumat siang 23 Maret 2018. Razia ke Grosir dan Supermarket tersebut dilakukan setelah akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan informasi beredarnya ikan kaleng prodak tertentu diduga mengandung cacing pita.

Dari 9 titik yang dilakukan razia, dimana 5 swalayan dan 4 distributor makanan disekitar Payakumbuh, ditemukan 88 dus atau 2.112 kaleng, ikan kaleng yang diamankan dengan cara disegel oleh BBPOM. “Memang Ada beberapa titik kita melakukan razia bersama Dinas Kesehatan Payakumbuh dan Dinas Perdagangan, dari hasil Razia kita temukan 88 dus ikan kaleng diduga mengandung cacing yang disimpang di Gudang Distributor,” sebut Melifa Kasi Pemeriksaan BBPOM Sumbar didampingi Munziarni Dari Dinas Kota Payakumbuh, Jumat 23 Maret 2018 disela-sela Razia.

Melifa juga mengatakan, terhadap 88 dus ikan kaleng yang diduga mengandung caci itu, BBPOM Sumbar meminta distributor untuk mengembalikannya ke pabrik yang bersangkutan. “Ikan kaleng yang kita amankan, tidak boleh diedarkan atau dijual. Kita kasih tenggang waktu 1 bulan bagi distributor untuk mengembalikannya ke pabrik,” tegasnya.

Menurutnya, apabila dalam waktu 1 bulan ikan kaleng tak kunjung dikembalikan atau masih berada di distributor, maka BBPOM Sumbar akan mengambil langkah tegas. “Kalau belum ditarik, maka ikan kaleng tersebut kita sita untuk dimusnahkan,”tegasnya.

Diterangkannya lagi, BBPOM Sumbar akan terus melakukan operasi makanan diswalayan dan distributor makanan, terutama ikan kaleng yang memiliki kode produksi khusus yang diduga mengandung cacing. “Tim BPOM Sumbar, tiap hari bergerak di seluruh kota dan kabupaten di Sumbar dalam razia ikan kaleng ini. Ini kita lakukan hingga sebulan kedepan,”katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota  Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan, operasi makanan oleh BBPOM Sumbar tersebut, memang fokus terhadap makanan ikan kaleng. 88 dus  ikan kaleng  yang diamakan tersebut, 86 dus diantaranya diamankan dari distributor yang berlokasi dikawasan Kaniang Bukit, Kecamatan Payakumbuh Utara. Dan 2 dus dari distributor  yang berada di Kelurahan Bonai, Kecamatan Payakumbuh Barat. “Memang ada sekitar 88 dus ikan kaleng yang diamankan. BBOM memberi waktu 1 bulan kepada kedua distributor untuk mengembalikan ikan kaleng ke perusahaan yang bersangkutan,” sebut Eldawazman kepada wartawan. (Est)