DIDUKUNG PENUH BPCB SUMBAR: SMA Negeri I Payakumbuh Gelar Expo V

0
163
Kepala-SMA-Negeri-I-PayakumbuhDra.-Hj.-Nurhayati-didampingi-Ketua-pelaksana-Expo-V-Drs.-H.-Arif-Asman-tinjau-kegiatan-siswa-jelang-digelarnya-Expo-V-696x522

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Dalam rangka memupuk, meningkatkan dan mengasah kemampuan kreativitas dan talenta siswa, SMA Negeri I Payakumbuh bakal menggelar Expo ke V yang secara resmi akan dibuka oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Sabtu (10/3).

Menurut Kepala SMA Negeri Payakumbuh, Dra.Hj. Nurhayati didampingi Ketua Panitia Pelaksana Expo V, Drs. H. Arif Asman, yang diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (8/3) mengatakan bahwa, Expo V mengambil tema ‘Baarak Maanta Baka’ ini, sepenuhnya didukung oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCD) Wilayah kerja Sumbar, Riau dan Kepri.

Diakui Dra.Hj. Nurhayati, Expo V yang akan berlangsung tanggal 9 sampai 11 Maret 2018 akan dibuka dengan kegiatan pawai yang akan diikuti oleh seribuan orang lebih siswa. “Dalam pawai nanti setiap kelas akan berpakaian tradisnal Minangkabau yang mencirikan orang yang sedang mengantarkan bekal atau baka untuk para pekerja yang sedang berada di sawah atau lading. Setiap siswa perempuan akan menenteng rantang atau sia berisikan bekal makan siang untuk orang yang sedang bekerja disawah atau lading,” ujar Dra.Hj. Nurhayati.

Kepala-SMA-Negeri-I-PayakumbuhDra.-Hj.-Nurhayati-didampingi-Ketua-pelaksana-Expo-V-Drs.-H.-Arif-Asman.

Usai kegiatan pawai, ulas Dra.Hj. Nurhayati, kegiatan akan diisi dengan makan bajamba di lapangan sekolah. Disamping itu, siswa kelas XII ,kelas X dan XI akan mengiktui lomba melukis cagar budaya, lomba foto grafi dan lomba dendang manjalang lalok (bernyayi menjelang tidur,red).

Puncak acara Expo V ini akan berlangsung Sabtu (10/3), diawali dengan tari pasambahan, menampilkan juga vocal group SMANSA, nyanyi minang dan lain. Dalam acara tersebut, akan dihadiri BPCB Sumbar, Dinas Kebudayaan Propinsi Sumbar, Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar, Walikota Payakumbuh, Kepala  Pariwisata Payakumbuh serta Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh serta alumni yang juga mendukung penuh kegiatan ini.

Diakhir wawancara Dra.Hj. Nurhayati, mengungkapkan, untuk memeriahkan Expo V ini akan terlibat 93 orang guru dibantu Tatausaha 20 orang, Siswa 1.146 orang dan peninjau 20 orang.

“Sedangkan SMA Negeri 2 Payakumbuh, SMA Negeri 3 Payakumbuh, SMA Negeri 4 Payakubuh SMA Negeri 5 Payakumbuh SMK Negeri 3 Payakumbuh masing-masing akan mengirimkan 2 orang peninjau. Sementara SMA Negeri 2 Bukittinggi akan mengirimkan siswanya sebagai peninjau sebanyak 10 orang.” pungkas Dra.Hj. Nurhayati. (est)