Door! Duo Bandit 40 Kasus Curanmor Dilumpuhkan

0
271

PAYAKUMBUH, dekasepos.com–  

Petualangan dua penjahat kambuhan pelaku pencurian 40 kendaraan bermotor (curanmor) di sejumlah daerah di  kabupaten dan kota di wilayah Propinsi Sumatera Barat, berakhir tragis.

Duo sekawan yang sudah lama menjadi buronan pihak kepolisian masing-masing bernama Deky Friwandi (31) bertempat tinggal di Jalan Widuri V, Perumnas Pengambiran, Kota Padang dan Jendrizal (33) warga Jorong Koto Nan Gadang, Kenagarian Pilubang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, itu terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena saat akan ditangkap kedua tersangka mencoba melawan polisi.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrasetiawan Setyowibowo melalui Kasat Reskrim AKP Camri Nasution didampingi KBO Reskrim Iptu Eldi Viarso, Kanit Reskrim Iptu Syafri dan Paur Humas, Aiptu Hendri Ahadi, ketika dikonfirmasi, Jum’at (18/5) membenarkan telah membekuk kedua tersangka pelaku curanmor tersebut.

“ Kedua tersangka Deky Friwandi dan Jendrizal, diamankan anggota Satreskrim Polres Payakumbuh, Rabu (16/5) ketika keduanya sedang menunggu pembeli kendaraan hasil curian mereka di Aur Kuning, Bukirtinggi,” ujar Kasat Reskrim AKP Camri Nasution.

Diakui Kasat Reskrim AKP Camri Nasution, ketika dilakukan penangkapan terhadap tersangka Deky Friwandi yang sudah 40 kali melakukan kasus pencurian kendaraan bermotor di sejumlah wilayah di Sumbar itu, tersangka berusaha melawan petugas.

“Tak ada pilihan lain, karena perlawanan yang dilakukan tersangka Deky Friwandi dapat membahayakan keselamatan petugas, maka anggota polisi yang melakukan penangkapan terpaksa melumpuhkannya dengan timah panas,” ungkap Kasat Reskrim AKP Camri Nasution.

Demikian pula terhadap tersangka Jendrizal, tersangka yang sudah menjadi resedivis karena beberapa kali terlibat kasus pencurian aki tower  dan aki lampu jalan serta aki lampu sinar surya di sejumlah tempat di Kabupaten Limapuluh Kota itu, juga terpaksa dihadiahi timah panas. Pasalnya, saat akan ditangkap penjahat kambuhan itu juga berusaha melawan petugas sehingga kakinya terpaksa dilumpuhkan.

Diungkapkan Kasat Reskrim AKP Camri Nasution, penangkapan terhadap kedua tersangka berawal dari kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi Rabu (16/5) lalu sekira pukul 18.30 Wib.

Kejadiaannya saat itu korban Muhammmd Ihsan pergi sholat di Masjid  Darul Hikmah, kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat miliknya.

Ketika usai melaksanakan sholat tersebut, korban terkejut karena sepeda motor miliknya yang diparkir di halaman Masjid, sudah raib dari tempatnya.

“Atas laporan korban, anggota Satreskrim Polres Payakumbuh yang sudah mencium tersangka pelaku, memburu kedua tersangka  ke Kota Bukittinggi dan berhasil menangkap kedua tersangka di Aur Kuning ketika sedang menunggu pembeli kendaraan hasil curiannya,” sebut Kasat Reskrim AKP Camri Nasution.

Untuk pengusutan dan pengembangan lebih lanjut, kedua tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Satreskrim Polres Payakumbuh, karena sesuai pengakun kedua tersangka selama melakoni aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor, sedikitnya  tersangka mengaku sudah berhasil mencuri 40 kendaraan bermotor di sejumlah daerah di kawasan Propinsi Sumatera Barat. (est)