DPRD Limapuluh Kota Sepakati Nota Kua PPAS APBDP 2016

0
54
DPRD Limapuluh Kota Sepakati Nota Kua PPAS APBDP 2016
DPRD Limapuluh Kota Sepakati Nota Kua PPAS APBDP 2016

Limapuluh Kota,Dekadepos—Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, kembali menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD yang telah mencurahkan tenaga, waktu, dan pemikiran dalam menjalankan rangkaian sidang, dalam rangka membahas berbagai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).

“Terutama pembahasan terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2016, “ujar Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan usai penanda tanganan nota kesepakatan bersama terhadap KUA PPAS APBDP Tahun Anggaran 2016 dalam rapat paripurna DPRD.

Dihadapan Wakil Ketua DPRD Sastri Andiko Dt. Putiah, selaku pimpinan rapatpari purna dan anggota DPRD, Wabup Ferizal Ridwan, menjelaskan, penyusunan KUA dan PPAS APBDP Tahun Anggaran 2016 ini, memiliki tujuan utama untuk melaksanakan amanat konstitusi yang tertuang dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2006, sebagaimana yang telah diubah dua kali dengan Permendagri Nomor 21 tahun 2011 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

KUA APBDP Tahun Anggaran 2016 yang telah dilakukan penandatangan nota kesepakatan bersama, memuat gambaran umum kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan dan pembiayaan daerah, serta strategi pencapaiannya dengan berpedoman kepada RKPD dan RPJM.

Sedangkan rancangan PPASP Tahun Anggaran 2016, berisikan penyesuaian informasi tentang prioritas pembangunan daerah, sasaran yang ingin dicapai, serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pelaksana program prioritas tersebut.

Sehingga apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA atau keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja, telah ditampung melalui tahapan-tahapan pembahasan KUA  dan PPASP Tahun Anggaran 2016.

“Dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Lima Puluh Kota, tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), saat ini kita masih menunggu hasil evaluasi oleh pemerintah provinsi, yang secara efektif akan diberlakukan pada tahun 2017, “ujar Ferizal Ridwan.

Sementaraitu, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota Sastri Andiko Dt. Putiah, berharap kepada kepada Badan Anggaran (Banggar) DPRD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan perangkat daerah lainnya, dalam penyusunan dan pembahasan perubahan KUA dan PPAS APBDP Tahun Anggaran2016 ini, dapat bekerja keras lagi dengan sangat dan seteliti mungkin.

”Selain itu, dengan telah kita sepakati secara bersama-sama KUA dan PPAS APBDP Tahun Anggaran 2016 ini, tidak ada lagi alasan bagi setiap yang terlibat untuk tidak menuntaskan program dan kegiatan yang menjadi tugas pokok dan fungsinya masing-masing, untuk dikerjakan sesai dengan jadwal yang telah ditetapkan,”harap politisi Partai Demokrat itu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here