DPS Diumumkan, KPU Himbau Warga Lihat Namanya

0
34

PAYAKUMBUH. Dekadepos.com.

Setelah ditetapkan dalam Rapat Pleno terbuka di Balai Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Sumbar, di Jalan Pahlawan Payakumbuh awal November lalu, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak Payakumbuh tahun 2017 juga telah diumumkan/ditempelkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap Kelurahan di Payakumbuh. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menghimbau masyarakat yang sudah wajib pilih untuk bisa memeriksa nama mereka sudah masuk atau belum dalam DPS yang telah diumumkan. Bagi warga yang sudah memilih hak pilih dalam Pilkada tahun 2017 nanti, namun namanya tidak tercantum dalam daftar tersebut, bisa melaporkan diri ke PPS ataupun PPK, sehingga nantinya bisa dimasukkan ke dalam Daftar Perbaikan DPS, dengan masa perbaikan tanggal 20 November – 27 November 2016.
Sebelumnya, KPU telah menetapkan DPS dengan jumlah 85.119 orang, Dengan telah diumumkan/ditempelkannya DPS tersebut, KPU terus menghimbau warga yang wajib pilih untuk aktif melihat nama mereka.

“ Beberapa waktu yang lalu, petugas PPS di masing-masing Kelurahan telah mengumumkan/memajang DPS di Kantor Lurah, untuk itu kita menghimbau agar warga yang telah memiliki hak pilih agar bisa melihat nama mereka. Bagi warga yang sudah memiliki hak pilih dalam Pilkada tahun 2017, namun namnya tidak muncul dalam DPS tersebut, kita harapkan untuk bisa melapor ke petugas PPS atau petugas PPK di masing-masing Kecamatan”. Sebut M. Khadafi Komisioner Divisi Tekhnis KPU Kota Payakumbuh, Minggu sore (13/11).

Ia juga menyebutkan, bahwa baru-baru ini pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan Pendidikan Pemilih Untuk Tenaga Pendidik SLTA Se-Kota Payakumbuh. Kegiatan tersebut diharapkan dapat Meningkatkan jumlah Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak Payakumbuh tahun 2017 yang akan digelar pada bulan Februari mendatang. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula yang dominanya duduk di bangku sekolah untuk ikut menyukseskan Pilkada dengan memberikan hak pilihnya. “ Pemilih pemula atau yang belum pernah ikut Pilkada kebanyakan masih duduk di bangku SLTA, untuk itu, melalui Sosialisasi yang kita berikan kepada tenaga pendidik, mereka dapat memberikan stimulan (sesuatu yang menjadi cambuk/ pendorong. Red) kepada anak didik untuk ikut menyuskeska Pilkada dan memberikan hak pilihnya pada Pilkada nanti. Sebab pemilih pemula adalah bagian terpenting dalam pemilihan kepala daerah. Sebab mereka juga bisa ikut menentukan pemimpin kedepannya”. tambah Khadafi.
img-20161111-wa0045

img-20161111-wa0046
ia juga mengatakan, warga yang belum terdaftar dalam DPS, nantinya akan dimasukkan kedalam Daftar Perbaikan DPS. Dimana masa perbaikan tersebut mulai tanggal 20 hingga 27 November mendatang. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here