DPT Pilkada Serentak Payakumbuh Tahun 2017 Capai 84.329 Orang

0
18

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh secara resmi telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Payakumbuh tahun2017 sebanyak 84.329 orang. Penetapan DPT tersebut dilakukan KPU di salah Satu Aula Hotel di Kawasan Payakumbuh Timur, Selasa (6/12).

DPT yang telah ditetapkan itu mengalami penurunan 790 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya berjumlah 85.119 orang. Beberapa penyebab pengurangan daftar pemilih tersebut diataranya meninggal dunia, Nomor Induk Kependudukan (NIK) di luar Kota Payakumbuh, serta data kependudukan tidak ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.
dsc_1463

Hal itu sebebkan DPS atau DPS hasil perbaikan terus diperbaharuhi setiap waktu, sehingga DPT tersebut lebih terbaru. Ia merincikan, dari DPT yang ditetapkan tersebut, pemilih di Kota Payakumbuh masih dominan perempuan dibanding laki-laki, dimana pemilih perempuan 43.038 orang, sementara laki-laki hanya 41.281 orang. Pemilih tersebut tersebar di lima kecamatan dan 48 kelurahan, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 210.

Pemilih yang paling banyak terdapat di Kecamatan Payakumbuh Barat 32.820 orang, kemudian Kecamatan Payakumbuh Utara 20.067 orang, selanjutnya Kecamatan Payakumbuh Timur 17.440 orang. Berikutnya Kecamatan Payakumbuh Selatan 7.146 orang, sementara kecamatan yang pemilihnya paling sedikit pemilihnya adalah Lampasi Tigo Nagari, yakni 6.856 orang.
“ DPT yang telah kita tetapkan itu, mengalami pengurangan dari jumlah DPS yang sebelumnya juga telah kita tetapkan”. Sebut Ketua KPU Hetta Manbayu kepada wartawan.
dsc_1459

Kegunaan DPT itu diantaranya menentukan jumlah surat suara yang akan dicetak, menghitungkan kekuatan dan peluang menang bagi pasangan calon kepala daerah, dan menentukan pastisipasi pemilih. Ia menambahkan DPT itu akan dikirim kepada Panitia Pemingutan Suara (PPS) dan akan diumumknan di tempat-tempat strategis sampai hari pemilihan sehingga masyarakat dapat mengetahui di TPS yang mana mereka melakukan pencoblosan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here