Dua Unit Mesin ATM Di Bukititnggi Nyaris Dibobol Maling

0
37

Bukittinggi.Dekadepos.com

Dua Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik dua Bank yang berbeda dan dilokasi yang berbeda menjadi sasaran percobaan perampok pada Selasa (7/5) dini hari kemaren.Namun dari kedua ATM itu,pelaku perampokan tidak berhasil membawa kedua brangkas ATM tersebut.

 

Kedua Mesin ATM yang menjadi Percobaan perampokan itu berada di Ba tagak,Kec.Banuhampu dan Mesin ATM yang berada di depan Dealer Suzuki Padang luar,Kec.Banuhampu Sugai Puar.kab.Agam. Keterangan yang diperoleh Dekade pus.com menyebutkan,kedua mesin ATM itu menjadi sasaran perampok,karena berada dipinggir jala raya Bukittinggi -Padang dan memudahkan bagi kawanannya untuk memantau situasi disaat bekerja melakukan pengupakan mesin ATM.Dengan modus yang dipakai berpura pura menarik uang di ATM.

 

Mesin ATM yang pertama kali dikupak para pelaku perampokan pada Selasa Dini hari kemaren,Mesin ATM yang berada di Batagak,Kec.Banuhampu .Pelaku mencoba menggunakan kawat baja untuk menarik mesin ATM ke luar ruang .Diperkirakan ketahuan oleh warga sekitar,dan juga gagal membobol brangkas ATM iu.Maka pelaku kabur kearah Padang Luar.Dan di Depan Dealer Suzuki melihat adanya Mesin ATM ,pelaku kembali beraksi dan berpura pura untuk mengambil uang di mesin ATM tersebut. Pelaku yang diperkirakan lebih dari 2 orang iu,juga kabur dan gagal membawa Brangkas yang ada di ATM tersebut.Sebab diperirakan,pelaku yang tengah menarik mesin ATM itu dengan kawat Baja,dan Kawat itu putus,akibatnya kaca ruangan ATM itu pecah dan membuat warga setempat terkejut.Takut ketahuan

 

oleb warga,maka peaku kabur meninggalkan bekas kupakan paksa di mesin ATM.Dari dua kali upaya pengupakan yang dilakukan pelaku pada Selasa dini hari itu,kedua duanya apes dan nasib sial yang dibawa pelaku. Kapolres Bukittingi AKBP Arly Jembar Jumhana melalui Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Suyatno kepada Wartawan ,membenarkan adanya upaya perampokan terhadap brankas mesin ATM.Upaya Perampokan itu,terjadi didua tempat yang berbeda dengan sasaran brankas ATM.

 

Menurutnya,peristiwa pembobolan yang terjadi di Batagak itu sekitar pukul 02.00 Wib,Selasa (7/6) Dinihari.Diduga hampir ketahuan warga, perampok tidak berhasil membuka dan membawa brankas ATM .Selanjutnya, perampok kembali menjalankan aksinya di salah satu ATM yang ada di Padang luar,mereka juga tidak berhasil.Ujar Kasat Reskrim.

“Berdasarkan keterangan dari saksi dekat lokasi Padang luar, sekitar pukul 05.00 Wib,ia melihat satu unit mobil yang selalu bolak balik dijalan raya Padang luar,berselang waktu yang hampir bersamaan,terdengarlah pecahan kaca yang berasal dari arah Mesin ATM Padang luar itu”ungkap Kasat Reskrim. dIkatakan,pihaknya yang mendapatkan informasi langsung bergerak untuk mengamankan Tempat Kejadian Peristiwa (TKP),serta mengumpulkan keterangan dari saksi yang berada di sekitar TKP.Untuk memudahkan melakukanpenyelidikan terkait kasus upaya Perampokan tersebut.

 

Dari olah TKP,tim identifikasi,melihat adanya bekas ban mobil yang menghitam di sekitar mesin ATM.Diduga pelaku lebih dari dua orang itu menggunakan besi baja untuk menarik brankas ATM dengan mobil.Dari keterangansaksi,pelaku menggunakan mobil pick up warna silver,jelas AKP Suyatno.Menurut Kasat ,kejadian ini merupakan percobaan perampokan,karenatidak ada kerugian materil yang diakibatkan dari aksi percobaan peranpokanitu,selain dari dinding kaca satu unit mesin ATM yang pecah,ia juga telah berkoordinasi dengan pihak Bank dan menyatakan tidak ada kerugian selain dari kaca ruangan ATM yang pecah.

 

Saat ini,kasus percobaan pembobolan terhadap brankas mesin ATM ini sudah ditangani oleh Jajaran Reskrim Polres Bukittinggi.Untuk mempermudah penyelididkan dan pengembangan,pihaknya akan mencocokan semua keterangan yang ada di Lapangan.

 

”Kita akan melihat semua rekaman CCTV yang ada di jalanan sepanjang jalur Padang Luar Bukittingi,sedangkan untuk ATM di Padangluar tidak berfungsi dan yang ada di Batagak dikasih Pilot oleh pelaku,”tukas Kasat Reskrim AKP Suyatno (Aldo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here