DUGAAN KECURANGAN PILKADA PAYAKUMBUH SUDAH DIDAFTARKAN DI MK

0
32

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Pertarungan panjang dan melelahkan yang dilakoni pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Reza Falepi-Erwin Yunaz (F-Win) dalam arena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh yang digelar 15 Februari 2017 lalu, sudah berakhir dengan kemenangan.

Bahkan, kemenangan pasangan calon nomur urut 2 itu, secara resmi sudah diakui Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui rapat pleno rekapitulasi suara yang menetapkan pasangan F-Win unggul dari tiga pasang calon Walikota dan Wakil Walikota yang menjadi pesaingnya yakni; pasangan nomor urut 1 Wendra Yunaldi-Ennaidi dan pasangan nomor urut 3 Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri (W-Fi)

Meskipun euforia kemenangan itu sudah dinikmati secara gegap gempita oleh para pendukung W-Fin, namun dapat dipastikan, mulai hari ini, Selasa (28/2)  tidur Riza Falefi dan Erwin Yunaz mulai tak nyenyak lagi, menyusul resminya gugatan sengketa  Pilkada Payakumbuh itu diajukan pasangan nomor urut 3 Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Calon Walikota Payakumbuh, Suwandel Muhktar yang dihubungi, Selasa (28/2) membenarkan pihaknya sudah mendaftarkan gugatan sengketa Pilkada Payakumbuh itu ke MK.

“ Benar, gugatan Pilkada itu sudah kita daftarkan ke MK, Selasa (28/2) dengan nomor register perkara 29 melalui pengacara Ottavianus, SH, SH, “ ujar Suwandel Mukhtar.

Diakui Suwandel Muhktar, gugatan sengketa Pilkada itu dilakukan timnya semata-mata untuk mencari keadilan terhadap adanya dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Payakumbuh yang digelar 15 Februari 2017 lalu.

Hal senada juga diungkapkan calon Wakil Walikota Fitrial Bachri. Menurutnya, gugatan Pilkada yang diajukan W-Fi ke MK itu, setidaknya sebagai pembelajaran politik bagi masyarakat, utamanya bagi pihak pelaksana pemilihan umum seperti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) terkait pentingnya pelaksanaan Pilkada yang bersih, jujur dan adil.

Sementara itu, sebelumnya, tim pemenangan pasangan Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri, dalam konfrensi pers yang digelar di kantor DPC PDIP Kota Payakumbuh baru-baru ini mengatakan bahwa, materi gugatan yang diajukan ke MK selain mempersoalkan adanya dugaan kecurangan Pilkada yang disinyalir berlangsung secara terstruktur melibatkan SKPD, Camat dan RT bekerja secara massif melibatkan KPU dan Panwaslih untuk memenangkan Walikota petahana Riza Falepi.

“ Saya sinyalir pergerakan kecurangan Pilkada Payakumbuh sudah terstruktur dan massif. Dari KPU sampai ke RT disinyalir sudah ada insikasi untuk membela paslon nomor 2, “ ujar Klif yang ditugaskan oleh DPP PDIP untuk mengawal pelaksanaan Pilkada Payakumbuh.

Sementara itu Ketua KPU Payakumbuh, Muhammad Khadapi, ketika dihubungi, Selasa sore (28/2)  terkait adanya gugatan sengketa Pilkada yang diajukan pasangan calon Walikota nomor urut 3 Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri ke MK, mengaku belum mendapat kebenaran adanya gugatan itu.

“ Sampai sore ini, kita belum mendapat laporan terkait telah didaftarkannya gugatan itu ke MK. Biasanya, jika gugatan tersebut sudah didaftarkan, pihak MK pasti memberi tahu pihak KPU termasuk menjelaskan materi gugatan.“ Yang jelas, jika pasangan calon nomor urut 3 Suwandel Muhktar-Fitrial Bachri, memang mendaftarkan gugutan ke MK, KPU siap menghadapi,” pungkas Muhammad Khadapi (esa tegar)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here