Dugaan Pungli SMAN Guguak Kab. 50 Kota, Masih Terus diperiksa

0
184

Limapuluh Kota, Dekadepos.com 

Hingga ini, Kasus Dugaan Pungutan Liar yang terjadi di SMA Negeri 1 Guguak masih terus dalam pemeriksaan Pihak Kepolisian di Mapolres Lima Puluh Kota. Kapolres Limapuluh Kota ABKP. Haris Hadis didampingi Wakapolres, Kompol Eridal, Kasatreskrim AKP Chairul Amri, Kabag Humas AKP Efrizul, ketika mengekpose sejumlah perkara di Mapolres setempat , Senin lalu (10/7) menegaskan bahwa, pihaknya akan menindaklanjuti kasus dugaan pungli yang telah tertangkap tangan oleh Tim Sapu Bersih Punggutan Liar (Saber Pungli) baru-baru ini di SMA negeri  Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Ditegaskan Kapolres AKBP Haris Hadis, untuk menindakanjuti dugaan  punggutan liar yang terjadi di SMA Negeri I Guguak, dengan barang bukti ratusan juta rupiah itu, waktu dekat ini kasusnya akan dilakukan gelar perkara di Mapolda Sumbar.

“ Waktu dekat ini dugaan pungli di SMA Negeri I Guguak itu akan dilakukan gelar perkara, apakah unsur pidana masuk atau tidak. Jika dari hasil gelar perkara ditemukan dugaan tindak pidana punggutan liar, maka kasus dugaan pungli yang berhasil diungkap tim Saber Pungli dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) itu, pasti akan ditindak lanjuti,” jelas Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis.

Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis juga menegaskan bahwa, pihak kepolisian tidak main-main terkait pemberantasan kasus punggutan liar yang terjadi di daerah ini. “ Jajaran Polres Limapuluh Kota, tidak main-main dalam memberantas tindak pidana punggutan liar yang terjadi di daerah ini. Artinya, siapapun yang terlibat dalam kasus tindak pidana punggutan liar, pasti akan diusut secara hukum,” tegas Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis.

Terkait kasus OTT di SMA Negeri I Guguak, Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis, membeberkan bahwa pihaknya masih mendalami kasus tersebut. “Sejumlah saksi sudah diperiksa terkait kasus dugaan pungli tersebut. Adapun saksi yang sudah diperiksa itu antara lain Kepala Sekolah, bagian Tata Usaha dan panitia penerimaan murid tahun ajaran baru yang ditunjuk pihak sekolah untuk melakukan punggutan kepada calon siswa yang mendaftar di sekolah tersebut,” jelas Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis.

Diakui Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis, sejauh ini pihak Polres Limapuluh Kota belum menetapkan siapa tersangka dalam kasus tersebut. “ Kita masih menunggu hasil gelar perkara yang akan dilakukan di Mapolda Sumbar. Jika hasil gelar perkara itu ada indikasi terjadi dugaan tindak pidana punggutan liar, maka akan ada pihak yang bakal ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis. Menurut Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis, terakit dilakukannya operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Saber Pungli Limapuluh Kota, ternyata berdampak kepada sekolah lain yang ada di daerah ini.

“Setidaknya, OTT yang dilakukan tim Saber Pungli tersebut sangat berdampak menekan terjadi dugaan punggutan liar di daerah ini, utamanya di sekolah-sekolah yang selama ini telah meresahkan kalangan wali dan orang tua murid diberbagai tingkatan sekolah, “pungkas Kapolres Limapuluh Kota ABKP Haris Hadis. (Esha Tegar). 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here