Dukung Pengendalian Penduduk, Kodim Dukung Bhakti Sosial TNI KB

0
139
Foto : Riaubook.com

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Salah satu bentuk dukungan dalam pengendalian penduduk dan keluarga berencana, Kodim 03/06 50 Kota bersama Pemko Payakumbuh dan Pemkab. 50 Kota melaunching Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan tahun 2017. Bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pencanangan dilakukan di halaman Puskesmas Padang Karambia, Rabu (23/8). Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Amriul bersama unsur Forkopimda setempat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 03/06 50 Kota Heri Sumitro, Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syahruddin, Kadis Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman, Kadis P3AP2KB Payakumbuh Syahnadel Khairi, serta anggota Persatuan Istri TNI (Persit) dan masyarakat calon akseptor KB.

Menurut Dandim 03/06 Heri Sumitro dalam sambutannya, kegiatan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan merupakan salah satu program strategis yang menunjukkan kemanunggalan TNI dalam mendukung program Pemerintah sebagai upaya meningkatkan kualitas penduduk sekaligus menekan jumlah penduduk serta upaya penghapusan kemiskinan. “TNI bersama Pemerintah Daerah akan selalu bersinergi untuk mensejahterakan masyarakat luas. Kegiatan bhakti sosial ini merupakan salah satu pelayanan TNI dalam pengendalian penduduk dan keluarga berencana” kata Dandim.

Menurut Sekdako Payakumbuh Amriul, tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan koordinasi dengan seluruh unsur dan komponen masyarakat, meningkatkan partisipasi aktif dalam kegiatan pencapaian peserta KB baru, serta mewujudkan keluarga berkualitas dan sejahtera. “Kegiatan ini dapat terwujud berkat adanya kerjasama antara pemerintah, TNI, dan seluruh unsur masyarakat, baik yang berada di Kota Payakumbuh maupun masyarakat Kab. 50 Kota” ujar Amriul.

Ditambahkan Amriul, Pemko Payakumbuh memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran TNI atas kepedulian dan tanggungjawab moralnya untuk keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana. “Melalui kegiatan ini, diharapkan visi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga yaitu penduduk tumbuh seimbang dapat tercapai” kata Amriul lagi.

Disampaikan oleh Syahnadel Khairi, Kadis Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), kegiatan bakti sosial TNI merupakan salah satu dari lima Momentum Strategis dalam rangka pencapaian Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK). “Setiap tahunnya, ada 5 kegiatan yang dilakukan,” kata Syahnadel. Bulan Januari – Februari dilakukan kegiatan Bulan Kreativitas Lini Lapangan. Selanjutnya bulan Februari – Maret – April ada kegiatan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan. Bulan Juni – Juli ada kegiatan Bhayangkara KB Kesehatan bersama Kepolisian. Bulan Agustus – September – Oktober kegiatan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan, dan terakhir PKK KB Kesehatan pada bulan Oktober hingga Desember. (Est).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here