Surat Kurang Digubris, Tim Gabungan Mulai Lakukan Penertiban APK

0
14

Payakumbuh. Dekadepos.com

Memasuki masa tenang jelang pemilihan Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh Tahun 2017 Pada 15 Februari mendatang, Panwaslih bersama sejumlah Tim Gabungan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) milik ketiga pasangan Calon (Paslon). Padahal sebelumnya Panwaslih telah menyurati ketiga pasaangan calon untuk menurunkan apk tersebut. Namun surat yang dikirimkan Panwaslih kurang direspon. Hal tersebut terlihat dengan masih terpasangnya sejumlah APK dibeberapa tempat di Payakumbuh.

Ketua Panwaslih Payakumbuh, Suci Wildanis, Minggu Siang (12/2) menyebutkan bahwa sebelumnya memang Panwaslih telah menyurati ketiga Paslon melalui masing-masing Tim Suskes atau Tim Kampanye untuk menurunkan sendiri Alat Peraga Kampanye yang sebelumnya telah mereka pasang disejumlah tempat di Payakumbuh, namun surat edaran tersebut kurang digubris. 8

“ Diaturan sudah cukup jelas bahwa untuk memelihara dan menjaga serta menurunkan APK adalah dari pasangan Calon, namun demikian kita sebagai penyelenggara, termasuk Pemko juga punya tanggung jawab terhadap jalannya Pilkada termasuk untuk melakukan penertiban APK di masa tenang, maka hari ini kita lakukan penertiban dan menurunkan seluruh APK yang masih terpasang. Sebelumnya memang kita telah mengirim surat kepada ketiga Paslon untuk menertibkan sendiri APK yang mereka pasang. Namun baru sebagian yang mereka lakukan”. Sebut Ketua Panwaslih Payakumbuh, Suci Wildanis didampingi Anggota Panwaslih, Media Febrina disela-sela melakukan penertiban.
1

3

4

5

6

7

Penertiban APK dihari pertama itu, berawal dari Pos Kota Payakumbuh depan Bank BRI, dari sana, tim dibagi dua. Satu tim yang dipimpin Sekda Payakumbuh, Ketua KPU, Panwaslih, Panwascam, Kasat Intelkam serta Kasat Pol-PP, Devitra bergerak ke arah Koto Nan IV dan sepanjang jalan Soekarno Hatta. Sementara satu tim lainnya yang terdiri dari Bismar, Sekretaris Panwaslih, Sekretaris Pol-PP bergerak ke arah Simp Benteng Payakumbuh Utara-RSUD dr. adnaan WD Payakumbuh-Gelanggang Pacuan Kuda kubu Gadang-Kelurahan Tiakar-Payobasung Payakumbuh Timur hingga ke Jalan Lingkar Utara dan ke Kelurahan Aur Kuning Kecamayan Payakumbuh Selatan.

Seperti yang terlihat disepanjang jalan Soekarno Hatta Kecamatan Payakumbuh Barat, sejumlah APK terpasang dibeberapa tempat, baik di pohon ataupun ditembok-tembok, termasuk atas jalan di sepanjang jalan raya. Beberapa orang petugas satpol-pp terlihat cukup kesulitan membesihkan Alat Peraga Kampanye yang terpasang cukup tinggi itu. Meski telah dibersihkan oleh tim gabungan, Panwaslih berharap ketiga pasangan calon untuk itu melakukan pembersihan.

Selain melakukan pembersihan APK di pohon, Posko dan dijalan –jalan utama, Tim Gabungan juga melakukan pembersihan Apk dilima kecamatan yang ada di Payakumbuh. Menurut Panwaslih, pembersihan APK tersebut akan terus dilakukan dalam beberapa hari kedepan. Pilkada Payakumbuh tahun 2017, diikuti oleh tiga pasangan calon. Dua pasangan calon diusung oleh partai politik serta 1 pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here